Sukses

Format Baru, Liverpool Belum Pasti Tampil di Piala Dunia Antarklub

Perubahan format kompetisi Piala Dunia Antarklub membuat Liverpool siap menolak untuk ikut berpartisipasi pada ajang ini yang biasanya digelar setahun sekali menjadi empat tahun sekali.

Jakarta Liverpool tak akan otomatis tampil di Piala Dunia Antarklub karena adanya perubahan format yang dilakukan FIFA. Kompetisi Piala Dunia Antarklub akan dilaksanakan empat tahun sekali mulai dari 2021.

Ini artinya, Piala Dunia Antarklub tak akan digelar lagi tiap tahun setelah terakhir kali Real Madrid jadi juara di 2018. FIFA mengubah format kompetisi tersebut untuk menggantikan Piala Konfederasi.

Sejauh ini, belum ada tanggapan positif mengenai perubahan format kompetisi tersebut. Terutama dari konfederasi klub Eropa.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, berharap kalau perubahan format kompetisi Piala Dunia Antarklub akan mendapat tanggapan positif.

“Pencinta sepak bola akan menyaksikan kompetisi terbaik antarklub di dunia. Kompetisi tak lagi diikuti delapan klub, melainkan 24 klub,” ujar Infantino.

“Kami berhadap klub terbaik akan bisa berpartisipasi. Sejauh ini, kami sedang berdiskusi secara intensif dengan UEFA.”

“Sebagai organisasi sepak bola dunia, FIFA memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan. Kamu harus bersiap karena format baru Piala Dunia Antarklub akan efektif dua tahun dari sekarang,” ujar Infantino.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digelar Juni Juli

Nantinya, kompetisi tersebut akan diadakan pada Juni - Juli, menggantikan waktu sebelumnya, yaitu Desember. Kompetisi akan diikuti 24 klub, yang terdiri dari enam klub Amerika Latin, tiga klub Asia, tiga klub Afrika, tiga Amerika Tengah, satu dari Oseania, ditambah finalis Liga Champions Eropa dan juara Liga Europa.

Liverpool tidak menanggapi rencana tersebut secara positif. Sebagai anggota dari Asosiasi Klub Eropa (ECA), Liverpool menentang dengan tegas rencana tersebut. Bahkan, anggota ECA siap menolak untuk berpartisipasi di kompetisi tersebut.

Sumber: Mirror

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.