Kamp Penyisihan Jr NBA untuk Asia Pasifik Digelar di Jakarta

Oleh Liputan6.com pada 01 Jun 2019, 20:30 WIB

Diperbarui 01 Jun 2019, 21:16 WIB

Jr. NBA

Jakarta NBA semakin memperhatikan perkembangan bola basket di kawasan Asia Pasifik. Satu di antara pembuktian tersebut adalah pembukaan kamp penyisihan kejuaraan dunia Jr. NBA area Asia Pasifik.

Khusus penyelenggaraan 2019, titik konsentrasi kamp berada di Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta. Selama dua hari, 15-16 Juni 2019, sebanyak 68 peserta dari 10 negara akan mendapatkan pelatihan sekaligus menunjukkan kemampuan. 

Jumlah 68 peserta terdiri atas 34 peserta putra dan 34 partisipan putri. Mereka berasal dari 10 negara di kawasan Asia Pasifik, seperti Australia, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.

Menurut pihak Jr. NBA, fokus kegiatan di lokasi kamp adalah mengembangkan kemampuan teknis dan taktis anak-anak, di samping format pertandingan 5-on-5. Nantinya, akan terpilih 20 anak yang bakal melenggang ke Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019, yang berlangsung 6-11 Agustus, di ESPN Wide World of Sports Complex, Walt Disney World, Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Kejuaraan Dunia Jr. NBA terbagi ke dalam tim Amerika Serikat dan Internasional. Nantinya, format pertandingan berupa setengah kompetisi alias round-robin, lalu sistem gugur.

Lebih dari 300 anak-anak laki-laki dan perempuan dari 35 negara berpartisipasi dalam pembukaan Jr. NBA Global Championship pada Agustus 2018. Pada kegiatan sepekan itu, seluruh tim mengikuti berbagai kegiatan di luar lapangan.

 

2 of 2

Ragam Aktivitas

Jr. NBA
Para peserta Jr. NBA berpose setelah sesi latihan. (FOTO / Ist Jr. NBA)

Jr NBA memfasilitas para peserta untuk mengikuti program pengembangan diri, kunjungan ke taman hiburan Disney dan kegiatan sosial. Selain itu ada juga aktivitas pertemuan dengan pelatih, pemain aktif dan non-aktif NBA - WNBA.

Bagi NBA, program Jr. NBA ini tergolong strategis. Rancang kegiatan Jr. NBA bertujuan mengembangkan kesehatan serta mendorong gaya hidup aktif di kalangan angkatan muda. Mereka mengintegrasikan basket ke dalam kurikulum pendidikan olah raga lokal.

Sejak meluncur pada 2014, program Jr. NBA telah menjangkau lebih dari 18 juta anak-anak putra dan putri di kawasan Asia. Para instruktur mengajarkan keterampilan dasar dan nilai utama Jr. NBA, yakni STAR. Kepanjangan STAR adalah sportsmanship (sportivitas), teamwork (kerja sama), positive attitude (sikap positif), dan respect (saling menghargai).

Selain program di atas, ada juga event khusus Akademi Pelatih Jr. NBA. Program ini berupa pelatihan guru dan pelatih olah raga. Program ini sudah melatih 62 ribu guru dari 37 ribu sekolah di 50 kota di seluruh Asia.

Lanjutkan Membaca ↓