Sukses

10 Pemain Terbaik Rekrutan Ferguson untuk MU

Salah satu puncak karier Sir Alex Ferguson ketika dia membawa MU memenangkan treble winner pada 1999.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) memiliki manajer yang sangat legendaris, yakni Sir Alex Ferguson. Pria asal Skotlandia itu telah memutuskan pensiun dari pekerjaannya pada 2013.

Ferguson merupakan manajer tersukses Setan Merah (julukan MU) sepanjang sejarah. Menjadi nahkoda MU sejak 1986 hingga 2013, Ferguson memberikan 38 gelar kepada klub yang bermarkasi di Old Trafford Stadium.

Salah satu puncak kariernya ketika dia membawa MU memenangkan treble winner pada 1999. Fergusin mempersembahkan tiga gelar, yakni Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Tidak hanya sukses memberikan gelar bersama Setan Merah saja, Ferguson juga berhasil mencetak pemain bintang, seperti Wayne Rooney. Redaksi Liputan6.com bakal memaparkan 10 rekrutan terbaik Ferguson selama berkarier di MU.

Siapa saja pemain terbaik MU yang dimaksud? Lihat di halaman selanjutnya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

David De Gea

Kiper asal Spanyol, David De Gea didatangkan dari Atletico Madrid pada tahun 2011. Saat itu, dia merupakan kiper termahal Liga Inggris dengan bandrol 18 juta pound, atau senilai dengan Rp 348 miliar.

Di awal kedatangannya, De Gea mendapat banyak cibiran pedas karena sering melakukan blunder. Tapi pada musim 2014-15, De Gea menjadi salah satu kiper terbaik di dunia.

De Gea tercatat telah melakukan 362 pertandingan bersama MU. Kiper berusia 28 tahun itu berhasil mencatatkan 128 clean sheet di bawah mistar gawang Setan Merah.

 

3 dari 11 halaman

Steve Bruce

Tahun 1986, Ferguson menunjukkan kemampuannya dalam merekrut pemain hebat. Dia merekrut bek tengah Norwich City, Steve Bruce dengan harga yang sangat mahal, yakni 825 ribu pound, atau Rp 16 miliar (kurs saat ini).

Bruce menjadi bek tengah yang paling subur pada musim 1990-1991. Dia bisa mencetak 19 gol dari 50 pertandingan di semua kompetisi. Bahkan, 13 gol yang dicetaknya terjadi di pentas Liga Premier Inggris.

 

 

4 dari 11 halaman

Ruud van Nistelrooy

Tahun 2001, Ferguson merekrut mesin pembunuh yang ditakuti lini pertahanan lawan. Sang manajer merekrut Ruud van Nistelrooy dari PSV Eindhoven dengan harga 19 juta pound, atau setara dengan Rp 386 miliar (kurs saat ini).

Selama lima musim di Old Trafford Stadium, Van Nistelrooy mencetak 150 gol dari 219 pertandingan di semua kompetisi. Kini jejak van Nistelrooy ingin diikuti oleh striker MU Radamel Falcao.

 

 

5 dari 11 halaman

Denis Irwin

Tahun 1990, Denis Irwin dibeli Setan Merah dari Oldham dengan uang sebesar 625 ribu pound, atau setara dengan Rp 12 miliar (kurs saat ini). Irwin merupakan salah satu bek legendaris Manchester United.

Selama 12 musim memperkuat MU, Irwin menjadi pilihan utama Ferguson. Total, dia tampil dalam 529 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 33 gol.

 

 

6 dari 11 halaman

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer menjadi pemain berikutnya dalam 10 rekrutan terbaik Ferguson selama di MU. Dia bergabung di Old Trafford pada tahun 1996 dari Molde. Solskjaer memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola bersama MU di tahun 2008.

Selama berkiprah sebagai pemain MU, Solskjaer mendapat julukan 'Bayi Berwajah Pembunuh'. Julukan itu didapatnya karena dia pernah mencetak empat gol dalam waktu 12 menit. Selain itu, wajah Solskjaer sangat imut seperti "bayi" meski sudah berumur.

Bahkan pada final Liga Champions 1999, Solksjaer yang masuk pada menit ke-90 berhasil mencetak gol dan membuat MU menang 2-1 atas Bayern Muenchen. Sekarang, Solskjaer telah menjadi manajer MU, menggantikan tugas Jose Mourinho.

 

 

7 dari 11 halaman

Nemanja Vidic

Bek Serbia, Nemanja Vidic didatangkan MU dari Spartak Moskow dengan harga tujuh juta pound, atau setara dengan Rp 135 miliar.

Bersama Rio Ferdinand, Vidic merupakan tembok yang kokoh di lini pertahanan Setan Merah. Memperkuat MU sejak tahun 2005 hingga 2014, Vidic mempersembahkan 5 gelar Liga Premier Inggris dan 1 gelar Liga Champions.

 

 

8 dari 11 halaman

Roy Keane

Gelandang asal Irlandia, Roy Keane memperkuat Setan Merah selama 12 musim. Dia merupakan salah satu kapten terhebat MU sepanjang masa.

Saat masih berkarier sebagai pesepak bola, Keane merupakan gelandang yang dikenal sangat agresuf dan kompetitif. Dia juga sangat ditakuti rekan-rekannya di ruang ganti. Sayang, di akhir kariernya, dia malah bersitegang dengan Alex Ferguson.

 

9 dari 11 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo merupakan rekrutan terbaik Ferguson selama menjadi manajer MU. Ronalo didatangkan pada tahun 2003 dari Sporting Lisbon dengan harga 12 juta pound, atau setara dengan Rp 232 miliar.

Enam musim memperkuat MU, kekasih Irina Shayk itu mempersembahkan 3 gelar Liga Inggris, 1 piala Liga Champions, 1 gelar FA Cup dan 1 trofi FIFA World Cup Club.

Tahun 2009, dia meninggalkan Old Trafford Stadium. Ronaldo hijrah ke Real Madrid dengan bandrol 80 juta pound, atau enam kali lipat harga saat didatangkan dari Sporting Lisbon.

 

 

10 dari 11 halaman

Peter Schmeichel

Didatangkan dari klub asal Denmark, Brondby, Peter Schmeichel menjelma sebagai kiper legendaris Setan Merah. Hingga saat ini, belum ada yang bisa menyamai kiprah Schmeichel bersama Setan Merah, termasuk David De Gea.

Kiper MU asal Denmark ini membela "Setan Merah" sejak 1991 sampai 1999. Schmeichel tinggalkan Old Trafford setelah sukses meraih treble. Dia sempat mampir ke Sporting, Aston Villa dan Manchester City.

 

11 dari 11 halaman

Eric Cantona

Eric Cantona sudah pensiun sebagai pesepak bola pada tahun 1997. Dia mengakhiri karier sepak bolanya bersama Manchester United.

Meski sudah pensiun, jika Anda pergi menonton pertandingan MU di Old Trafford Stadium, maka Anda akan mendengan nyanyian-nyayian yang ditujukan untuk kapten legendaris Setan Merah tersebut.

Cantona sangat dihormati oleh pemain bahkan fans MU. Dia sangat dihormati karena jiwa kepemimpinan dan karakternya yang keras.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.