Manajer Liverpool Izinkan Pemain Muslim Berpuasa di Final Liga Champions

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 01 Jun 2019, 06:40 WIB
Mohamed Salah - Sadio Mane

Liputan6.com, Madrid - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengizinkan anak asuhnya yang beragama Islam berpuasa saat melawan Tottenham Hotspur di Estadio Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari WIB, pada final Liga Champions.

Liverpool memiliki empat pemain yang beragama Islam, yakni Mohamed Salah, Sadio Mane, Xherdan Shaqiri, dan Naby Keita. Mereka diyakini bakal berpuasa saat tampil di final Liga Champions, terutama Salah.

"Saya tak merasa khawatir ibadah puasa bakal mengganggu performa para pemain itu. Tak masalah sama sekali dengan para pemain yang menjalankan puasa karena saya menghormati agama mereka. Terlebih, mereka selalu tampil luar biasa bagus saat berpuasa ataupun tidak," kata pelatih berusia 51 tahun itu dilansir Mirror.

Klopp melanjutkan, sepak bola bukanlah hal terpenting di dunia. Dia yakin agama yang dianut para pemainnya menjadi hal terpenting dalam kehidupan.

"Ada banyak hal yang lebih penting dari sepak bola. Salah satunya keyakinan," ujar pelatih Liverpool yang pernah menakhodai Borussia Dortmund itu.

2 of 3

Petuah Ulama Inggris

Mohamed Salah - Liverpool
Mohamed Salah. (Foto AP / Jon Super)

Beberapa pemain muslim yang tampil di laga final Liga Champions musim ini juga mendapatkan saran dari ulama Inggris, Ajmal Masroor agar tetap menjalankan ibadah puasa.

"Dalam Ramadan, hanya ada pengecualian kepada Anda yang sakit atau bepergian. Anda dapat menggantinya di hari-hari tertentu," katanya, dikutip dari Goal.

"Jika seorang pemain sepak bola mengatakan kepada saya seperti ini: 'Saya tidak dapat memenuhi kewajiban profesional saya jika berpuasa.' Tentunya, saya tidak dapat menganggap ini sebagai alasan yang dapat diterima."

 

3 of 3

Jadwal Final Liga Champions

Minggu, 2 Juni 2019

02.00 WIB

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Venue: Wanda Metropolitano, Madrid

Live di RCTI

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓