Sukses

Timnas Singapura Resmi Ditangani Pelatih Asal Jepang

Setelah beberapa bulan terakhir intens melakukan pencarian pelatih kepala untuk Timnas Singapura senior, FAS akhirnya menjatuhkan pilihan pada pelatih asal Jepang, Tatsuma Yoshida.

Singapore - Tatsuma Yoshida resmi dikenalkan sebagai pelatih timnas Singapura pada Kamis (30/5/2019) di Singapura. Keputusan ini mengakhiri pencarian intens selama berbulan-bulan oleh Federasi Sepak Bola Singapura (FAS).

Pelatih 44 tahun itu dikontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan dua tahun lagi. Ia akan mulai bertugas membesut The Lions dalam dua laga uji coba internasional sesuai matchday FIFA, melawan Kepulauan Solomon (8/6/2019) dan Myanmar (11/6/2019).

Tatsuma Yoshida merupakan pelatih pertama asal Jepang sepanjang sejarah perekrutan FAS untuk menangani timnas Singapura senior.

"Saya senang menduduki jabatan ini. Saya merasa kesempatan ini merupakan tantangan bagus dan peluang besar buat saya dan saya meyakini kemampuan saya. Saya juga menyadari ini bukan tugas yang ringan, namun saya percaya pada potensi sepak bola Singapura harus mencapai ketinggian baru dan kesuksesan dalam pentas sepak bola internasional, dan saya tak sabar memulai perjalanan ini dengan pemain dan suporter," tutur Yoshida.

Sebagai pelatih kepala timnas Singapura senior, Tatsuma Yoshida juga harus bersinergi dengan pelatih di level timnas lain, semisal Fandi Ahmad di timnas U-23/U-22 serta Direktur Teknik Timnas, Joseph Palatsides.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringkat Singapura

Sekilas mengenai Joseph Palatsides, sebelum terjun di dunia kepelatihan, ia merupakan gelandang semasa aktif bermain. Ia pernah jadi direktur akademi di klub raksasa Jepang, Kashiwa Reysol, yang merupakan klub kampung halamannya, pada 2003. Pada 2011 ia menjadi direktur olahraga di klub itu.

Keberadaannya hingga menduduki kursi panas pelatih Timnas Singapura satu di antaranya berkat rekomendasi Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA), dan disambut hangat Sekjen FAS, Yazeen Buhar.

Pelatih Timnas Singapura U-22, Fandi Ahmad, juga sudah mengenal sosoknya sebelum akhirnya dipatenkan jadi pelatih kepala Timnas Singapura senior.

Sebagai catatan, timnas Singapura kini berada di peringkat ke-160 ranking FIFA per 4 April 2019, atau hanya satu setrip di bawah peringkat Timnas Indonesia (159).

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.