Sukses

4 Torehan Spesial Maurizio Sarri Bersama Chelsea

Maurizio Sarri menorehkan tinta emas pada musim perdananya sebagai manajer Chelsea, salah satunya juara Liga Europa.

Liputan6.com, Baku - Maurizio Sarri menorehkan tinta emas pada musim perdananya sebagai manajer Chelsea. Satu di antara torehan apik juru taktik asal Italia itu musim ini adalah membawa The Blues menjuarai Liga Europa.

Pria 60 tahun tersebut mulai duduk di kursi manajer Chelsea pada 14 Juli 2018. Dia menggantikan peran Antonio Conte yang dipecat menyusul hasil buruk pada musim 2017-2018.

Di bawah asuhan Maurizio Sarri, Chelsea tampil cukup apik. Meski kerap mendapat kritikan, Sarri sukses membawa skuat London Biru menembus final Piala Liga Inggris, finis di posisi tiga klasemen akhir Premier League, dan teranyar menjuarai Liga Europa musim ini.

Pada laga final yang berlangsung di Baku Olympic Stadium, Rabu (29/5/2019) malam waktu setempat, Chelsea memetik kemenangan 4-1 atas Arsenal.

Keempat gol The Blues disarangkan Olivier Giroud pada menit ke-49, Pedro menit ke-60, dan Eden Hazard menit ke-65 serta 72'. Sementara itu, gol tunggal Tim Gudang Peluru dicetak Alex Iwobi menit ke-69'.

"Saya sangat sangat bahagia. Trofi ini sangat penting bagi klub. Kami merasa layak mendapatkannya," ujarnya.

"Chelsea berada dalam masalah pada Januari dan Februari tetapi kami bereaksi, dan tidak mudah untuk bereaksi di Premier League," papar Maurizio Sarri.

Berikut ini adalah torehan spesial Maurizio Sarri bersama Chelsea:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta Maurizio Sarri:

1. Maurizio Sarri menjadi manajer Italia ketiga yang berhasil membawa Chelsea lolos ke final turnamen Eropa dan meraih titel juara. Sebelum Sarri ada Gianluca Vialli (Piala Winners 1997-1998) dan Roberto Di Matteo (Liga Champions 2011-2012).

2. Maurizio Sarri meraih trofi perdana dalam 29 tahun karier sebagai pelatih. Saat menangani beberapa klub, seperti Hellas Verona, Perugia, Grosseto, Alessandria, Sorrento, Empoli, dan Napoli, dia selalu gagal merengkuh gelar juara.

3. Maurizio Sarri merupakan pelatih pertama pada abad ke-21 (setelah 2000), yang berhasil membawa timnya menjuarai Liga Europa tanpa menelan kekalahan. Chelsea memetik 12 kemenangan dan tiga hasil imbang di Liga Europa musim ini.

4. Maurizio Sarri membawa Chelsea meraih 39 kemenangan di semua kompetisi musim ini. Dia hanya kalah dari Jose Mourinho yang memetik 42 kemenangan, pada musim perdana sebagai manajer The Blues (musim 2004-2005).

Sumber: Coral, Opta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.