Deretan Fakta Menarik NBA Finals 2019

Oleh Thomas pada 30 Mei 2019, 11:45 WIB
NBA

Liputan6.com, Jakarta NBA 2018-2019 telah memasuki tahap akhir. NBA Finals akan digelar mulai 31 Mei 2019 pagi WIB. Juara bertahan Golden State Warriors akan berjumpa Toronto Raptors.

NBA Finals kali ini merupakan yang pertama tanpa kehadiran LeBron James dalam sembilan tahun. LeBron James selalu berlaga di NBA Finals baik bersama Miami Heat maupun Cleveland Cavaliers sejak 2011. 

Musim ini LeBron bahkan tak lolos ke play-off setelah terpuruk bersama klub barunya LeBron James. Kepergian LeBron ke Wilayah Barat memudahkanRaptors untuk menjadi juara Wilayah Timur dan tampil di NBA Finals untuk pertama kalinya.

Jika Raptors baru pertama kali main di final, Warriors justru akan tampil di NBA Finals kelima kalinya beruntun. Warriors juara tiga kali dari empat final terakhir.

Lolos ke NBA Finals lima kali beruntun membuat Warriors menyamai rekor Boston Celtics. Di era 1950-an, Celtics masuk ke NBA Finals 10 kali beruntun.

Masih banyak fakta menarik lain di NBA Finals 2019. Apa saja? Simak di halaman berikutnya:

 

2 of 3

Fakta Menarik

- Raptors memiliki rasa internasional di NBA Finals. Mereka punya pemain dari berbagai negara OG Anunoby (Inggris), Chris Boucher (Kanada), Marc Gasol (Spanyol), Serge Ibaka (Kongo), Pascal Siankam (Kamerun) Staf kepelatihannya juga banyak dari berbagai negara. Sergio Scariolo (Italia (Patrick Mutombo (Kongo) dan Eric Khoury (Kanada).

- Stephen Curry tak asing dengan Toronto. Ayahnya, Dell pernah tiga musim membela Raptors. Curry pun sempat sekolah di Toronto. Istri Curry, Ayesha juga dibesarkan di Toronto sebeum pindah ke Charlotte.

- Pelatih Raptors Nick Nurse merupakan mantan pelatih NBA G League pertama yang mampu membawa timnya ke NBA Finals.

- Nurse membawa Raptors lolos ke NBA Finals pada musim pertamanya sebagai pelatih kepala NBA. Pencapaian itu seperti pelatih Warriors Steve Kerr di tahun 2015.

 

3 of 3

Steve Kerr

- Pelatih Warriors Steve Kerr menjadi pelatih pertama yang mampu membawa timnya lolos ke NBA Finals di lima musim pertamanya di NBA.

- Kerr merupakan pelatih ketujuh yang bisa lolos ke NBA Finals. Dia bergabung dengan Phil Jackson (13), Red Auerbach(11), Pat Riley (9), John Kundla (6), Gregg Popovich (6) dan K.C. Jones (5).

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by