Sukses

Catatan Menarik Kemenangan Chelsea Atas Arsenal di Final Liga Europa

Pada pertandingan kali ini, Chelsea dipertemukan dengan rival sekota, Arsenal. Skuat asuhan Maurizio Sarri tersebut berhasil mengakhiri laga itu dengan kemenangan telak 4-1.

Liputan6.com, Baku - Berakhir sudah kompetisi Liga Europa musim 2018/2019. Partai final yang berlangsung di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Kamis (30/5) dini jari WIB, menghasilkan Chelsea sebagai juara terbaru Liga Europa.

Pada pertandingan kali ini, Chelsea dipertemukan dengan rival sekota, Arsenal. Skuat asuhan Maurizio Sarri tersebut berhasil mengakhiri laga itu dengan kemenangan telak 4-1.

Eden Hazard sukses menjadi bintang dengan mempersembahkan dua gol sekaligus, satu di antaranya tercipta melalui titik putih. Selain itu, Olivier Giroud serta Pedro Rodriguez juga membubuhkan namanya di papan skor. Sementara Arsenal harus puas dengan gol Alex Iwobi.

Pertandingan sengit ini juga menghasilkan beberapa catatan penting yang dilansir dari BBC Sport. Berikuat fakta menariknya:

Statistik Laga Final Liga Europa

1. Chelsea memenangkan laga final kelimanya di kompetisi Eropa milik UEFA. Di antara klub Inggris lainnya, Torehan The Blues hanya kalah dari Liverpool (delapan).

2. Arsenal kebobolan empat gol di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak kalah 1-5 dari Bayern Munchen bulan Maret 2017 silam, dan menjadi yang pertama kalah dengan catatan tersebut di final UEFA Cup/Liga Europa setelah Middlesbrough (0-4 atas Sevilla di tahun 2006).

3. Chelsea menjadi tim pertama yang memenangkan gelar mayor Eropa tanpa mengalami kekalahan (menang 12, imbang tiga), sejak terakhir dilakukan Manchester United di Liga Champions 2007-2008.

4. Kini Arsenal telah menelan lima kekalahan dari enam pertandingan final UEFA, termasuk empat yang didapatkan secara berturut-turut (1995 Winners' Cup, 2000 UEFA Cup, 2006 Liga Champions, 2019 Liga Europa).

5. Chelsea memenangkan 12 laga Liga Europa di sepanjang 2018-2019. Hanya satu tim yang mampu menang lebih banyak dalam kompetisi mayor Eropa di satu musimnya (Atletico Madrid di 2011-2012, 13 kemenangan).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik Lainnya

6. Olivier Giroud menjadi pemain pertama yang mencetak 11 gol di kompetisi Eropa untuk tim Inggris sejak Alan Shearer pada musim 2004-2005 bersama Newcastle United.

7. Itu adalah rekor untuk seorang pemain Prancis dalam satu musim kompetisi Eropa, memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Nestor Combin pada musim 1963-1964 (Cup Winners' Cup) dan Just Fontaine di 1958-1959 (Piala Eropa).

8. Pemain Chelsea, Pedro, menjadi pemain kelima yang mencetak gol di final Liga Champions dan Liga Europa, setelah Allan Simonsen, Dmitri Alenichev, Hernan Crespo, dan Steven Gerrard.

9. Di laga terakhirnya, kiper Arsenal, Petr Cech, kebobolan empat gol dalam satu pertandingan kompetisi Eropa untuk ketiga kalinya.

10. Tak ada pemain Inggris di starting XI Chelsea, pertama kalinya sebuah tim memulai laga final kompetisi mayor eropa tanpa pemain lokal sejak Inter Milan melawan Bayern Munchen di final Liga Champions 2010.

11. Eden Hazard mencetak dua gol untuk Chelsea. Ia menjadi pemain pertama yang melakukan itu di laga final kompetisi mayor UEFA untuk tim Inggris sejak Mark Hughes bersama Manchester United, yang saat itu menghadapi Barcelona pada Cup Winners' Cup tahun 1991

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Bola.net