Tekuk Arsenal, Chelsea Juara Liga Europa

Oleh Rizki Hidayat pada 30 Mei 2019, 04:13 WIB
Diperbarui 31 Mei 2019, 22:14 WIB
Selebrasi Chelsea

Jakarta - Chelsea akhirnya tampil sebagai juara Liga Europa 2018/19 usai mengalahkan Arsenal 4-1 di laga final Liga Europa di Baku Olympic Stadium, Rabu (29/5/2019) atau Kamis dinihari WIB. Mantan stirker Arsenal, Olivier Giroud, berandil besar dalam kemenangan The Blues.

Giroud berhasil mencetak satu gol plus satu assist untuk Chelsea. Selain itu, dia juga membuat skuat London Biru mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-64.

Bagi Chelsea, ini adalah trofi kedua di Liga Europa dan yang keenam di turnamen Eropa. Sebelumnya, mereka pernah menjadi juara di Liga Europa 2012-2013.

Menjalani partai puncak, kedua tim turun dengan skuat terbaiknya. The Blues mengandalkan Pedro, Olivier Giroud, dan Eden Hazard di lini depan, sedangkan The Gunners berharap pada duet Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang di sektor serang.

Akan tetapi, solidnya lini belakang membuat peluang yang diperoleh kedua tim selalu kandas. Hingga laga berjalan 25 menit, tidak ada ancaman berarti ke gawang Chelsea serta Arsenal.

Pada menit ke-27, Granit Xhaka memiliki kans untuk membawa skuat Meriam London unggul lebih dulu. Namun, bola hasil sepakan keras Xhaka dari luar kotak penalti hanya menerpa mistar gawang.

Emerson dan Olivier Giroud berpeluang memecah kebuntuan Chelsea pada menit ke-34 serta 39'. Akan tetapi, bola hasil tendangan keduanya masih bisa digagalkan kiper Arsenal, Petr Cech.

Minimnya peluang yang didapat, membuat Chelsea dan Arsenal bermain 0-0 hingga babak pertama usai.

 

2 of 3

Babak Kedua:

Chelsea Vs Arsenal
Olvier Giroud berhasil mencetak satu gol dan satu assist, sekaligus membantu Chelsea menang 4-1 atas Arsenal pada laga final Liga Europa di Baku Olympic Stadium, Rabu (29/5/2019). (dok. Chelsea)

Chelsea langsung mengambil inisiatif serangan pada awal paruh kedua. Klub asuhan Maurizio Sarri itu berhasil memimpin lebih dulu pada menit ke-49.

Umpan lambung Emerson dari sisi kiri mampu dikonversikan Olivier Giroud menjadi gol dengan sundulan. Giroud pun tak melakukan selebrasi, karena menghormati Arsenal, klub yang pernah dibelanya selama lima setengah musim.

Masuk menit ke-60, giliran Pedro yang membobol gawang The Gunners. Bola hasil sepakan kaki kiri Pedro yang memanfaatkan umpan mendatar Eden Hazard gagal dihalau Petr Cech.

Pada menit ke-64, Chelsea mendapatkan hadiah penalti setelah Olivier Giroud dijatuhkan Ainsley Maitland-Niles di kotak terlarang. Hazard yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik, setelah tendangan 12 pasnya ke sisi kiri mampu mengelabui Cech.

Tertinggal tiga gol, Arsenal coba membalas. Hasilnya, Alex Iwobi membawa skuat Meriam London memperkecil ketertinggalan pada menit ke-69. Bola hasil sepakan voli Iwobi dari luar kotak penalti menghujam deras gawang Chelsea yang dikawal Kepa Arrizabalaga.

Eden Hazard kembali mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus membuat Chelsea unggul 4-1 pada menit ke-72. Melakukan kerja sama dengan Giroud, gelandang Timnas Belgia itu membobol gawang Arsenal dengan tendangan kaki kiri.

Memasuki menit-menit akhir, Arsenal terus berupaya untuk mengejar ketertinggalan. Namun, sampai laga berakhir, skor 4-1 untuk kemenangan Chelsea tetap bertahan.

3 of 3

Susunan pemain:

Chelsea (4-3-3): 1-Kepa Arrizabalaga; 28-Cesar Azpilicueta, 30-David Luiz, 27-Andreas Christensen, 33-Emerson Palmieri; 7-N'Golo Kante, 5-Jorginho, 17-Mateo Kovacic; 11-Pedro (22-Willian 71'), 18-Olivier Giroud, 10-Eden Hazard.

Pelatih: Maurizio Sarri (Italia)

Arsenal (3-4-1-2): 1-Petr Cech; 5-Sokratis Papastathopoulos, 6-Laurent Koscielny, 18-Nacho Monreal (29-Matteo Guendouzi 66'); 15-Ainsley Maitland-Niles, 34-Granit Xhaka, 11-Lucas Torreira (17-Alex Iwobi 67'), 31-Sead Kolasinac; 10-Mesut Ozil; 9-Alexandre Lacazette, 14-Pierre-Emerick Aubameyang.

Pelatih: Unai Emery (Spanyol)

Wasit: Gianluca Rocchi

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by