Wasit Asal Italia Pimpin Laga Final Liga Europa Chelsea Vs Arsenal

Oleh Luthfie Febrianto pada 29 Mei 2019, 19:40 WIB
Diperbarui 29 Mei 2019, 20:17 WIB
Chelsea Vs Arsenal

Liputan6.com, Baku - Wasit asal Italia, Gianluca Rocchi terpilih sebagai wasit yang akan memimpin laga final Liga Europa Chelsea vs Arsenal, Kamis (29/5/2019) dinihari WIB. Wasit asal kota Florence ini pun mengaku senang bisa memimpi Derby London di final Liga Europa.

"Ini penunjukkan fantastis. Ini Derby London, jadi ini pertandingan spesial," ujar wasit berusia 45 tahun itu seperti dilansir situs resmi UEFA.

Rocchi telah menjadi wasit internasional sejak 2008. Laga final Liga Europa ini pun bukan kali pertama baginya lantaran pernah menjadi wasit keempat pada final musim 2010 dan 2017.

Selain itu, Rocchi juga pernah memimpin partai Piala Super Eropa antara Manchester United dan Real Madrid di musim 2017. Kendati sudah cukup berpengalaman, Rocchi tak ingin menganggap remeh laga final kali ini.

"Saya ingin membuat yang terbaik di pertandingan ini. Di susunan pemain, saya mungkin akan melihat pelatihnya, suporter, rekan saya di lapangan, dan berusaha mengerti laga ini semaksimal mungkin," kata Rocchi.

Pertemuan Chelsea vs Arsenal merupakan yang pertama antara sesama klub Inggris di Liga Europa. Pemenang dari laga ini akan otomatis masuk ke Liga Champions musim depan, selain tentu trofi Liga Europa.

 

 

2 of 3

Mantan Pemain Bola

Gianluca Rocchi
Gianluca Rocchi (UEFA.com)

Lebih lanjut, Rocchi mengaku dulunya ia juga bermain sepak bola. Namun ia sadar tak memiliki bakat untuk menjadi pemain besar.

Tak ingin meninggalkan sepak bola, Rocchi pun banting setir menjadi wasit sejak 1989. "Ini keputusan yang tak pernah saya sesali. Saya membuat keputusan bagus," kata Rocchi.

3 of 3

Punya Tim yang Bagus

Untuk laga final di Baku, Rocchi akan dibantu dua hakim garis, Filippo Meli dan Lorenzo Manganelli dan satu ofisial keempat, Daniele Orsato. Ketiganya juga berasal dari Italia.

"Kami tim yang bagus. Tanpa tim Anda, Anda tidak bisa wasit dalam pertandingan mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya," kata Rocchi mengakhiri.

Lanjutkan Membaca ↓