Fakta Menarik Final Liga Europa Chelsea Vs Arsenal

Oleh Luthfie Febrianto pada 29 Mei 2019, 11:35 WIB
Diperbarui 29 Mei 2019, 12:17 WIB
Banner Infografis Final Liga Europa 2018/2019, Chelsea Vs Arsenal

Liputan6.com, Baku - Chelsea dan Arsenal akan saling jegal demi meraih trofi Liga Europa dalam laga final yang akan berlangsung di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dinihari WIB. Siapapun yang menang tak hanya akan meraih trofi melainkan tiket ke Liga Champions.

Chelsea punya pengalaman bagus bermain di final Liga Europa pada musim 2012/13. Ketika itu, mereka sukses juara dengan mengalahkan wakil Portugal, Benfica dengan skor 2-1.

The Blues juga punya catatan impresif saat harus berlaga di final level Eropa. Chelsea sukses memenangkan lima final sejak musim 1970/71.

Sementara itu, Arsenal punya sejarah sebaliknya. Meriam London hanya satu kali menang dari enam kali menang saat harus bermain di laga final.

Namun demikian, Arsenal punya sosok Unai Emery. Pelatih berkebangsaan Spanyol ini memiliki rekor impresif dengan tiga kali juara Liga Europa bersama Sevilla.

Selain fakta-fakta tersebut, berikut fakta-fakta lain seputar laga final Liga Europa Chelsea vs Arsenal dinihari nanti seperti dilansir situs resmi UEFA.

 

 

2 of 3

Fakta Menarik

Arsenal Vs Chelsea
Arsenal vs Chelsea. (AP/Frank Augstein)

1. Final Liga Europa telah tiga kali mempertemukan dua tim dari negara yang sama. Dua finalis yang dari negara yang sama sebelumnya hadir pada musim 2011 saat Porto bertemu wakil Portugal lainnya, FC Braga. Semusim setelahnya, dua wakil Spanyol Atletico Madrid bertemu Athletic Bilbao.

2. Chelsea tidak terkalahkan dalam 14 laga terakhir mereka di Liga Europa. The Blues mendominasi Grup L sebelum mengeliminasi berturut-turut Malmo, Dynamo Kyiv, Slavia Praha, dan Eintracht Frankfurt.

3 of 3

Fakta Menarik

3. Ini adalah final Liga Europa pertama bagi Arsenal. Saat masih bernama Piala UEFA, Arsenal pernah ke final di musim 1999/2000, namun kalah penalti 1-4 oleh Galatasaray.

4. Arsenal telah mencatatkan lima kemenangan di Liga Europa. Ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang keikutsertaan mereka.

5. Belum pernah ada kartu merah di final Liga Europa.

Lanjutkan Membaca ↓