Daftar Peserta Piala Dunia Wanita 2019, AS Jadi Unggulan

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 28 Mei 2019, 19:50 WIB
Diperbarui 28 Mei 2019, 19:50 WIB
AS vs Jepang_05
Perbesar
Piala Dunia Wanita 2019 bakal berlangsung di Prancis, bulan depan. (AP Photo/Elaine Thompson)

Liputan6.com, Paris - Piala Dunia Wanita akan digelar di Prancis pada 7 Juni hingga 7 Juli 2019. Sebanayk 24 negara bersaing untuk memperebutkan trofi yang sebelumnya dimenangkan oleh Amerika Serikat (AS).

Prancis untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita atau yang ketiga kalinya terselenggara di Benua Eropa. Ada empat tim debutan pada tahun ini, yakni Chile, Jamaika, Skotlandia, dan Afrika Selatan.

Chile, meski menjadi tim debutan di Piala Dunia Wanita, akan berjuang mati-matian. Tim yang berasal dari benua Amerika itu tak mau sekadar pelesiran di Prancis.

"Memang hasil yang tidak menggembirakan hasil terakhir kami pada pertandingan FIFA, tapi kami tidak boleh menyerah sebelum kami bertanding disana (Perancis)," kata penyerang Maria Jose Urrutia seperti dikutip Reuters.

Perjuangan berat sudah menunggu di Piala Dunia 2019 di Perancis karena pada dua pertandingan pertama babak penyisihan, Chile langsung berhadapan dengan dua raksasa, yaiu runner-up 2003 Swedia dan juara dunia AS. Duel terakhir Chile di Piala Dunia Wanita akan menghadapi wakil Asia, Thailand.

"Kami akan menghadapi tugas berat, tapi apa pun bisa terjadi di Piala Dunia Wanita. Kami termotivasi untuk melakukannya dengan baik," katanya.

 

2 dari 3 halaman

AS Favorit

Hope Solo_01
Perbesar
Hope Solo, kiper Timnas Amerika Serikat. (Nike)

Pada edisi kali ini, AS, yang merupakan juara bertahan, kembali menjadi unggulan di Piala Dunia Wanita. AS merupakan negara yang paling banyak menjuarai event ini, yakni sebanyak tiga kali.

Pelatih tim wanita Amerika Serikat, Jil Ellish sendiri sebelumnya membuat gebrakan baru untuk tim Amerika Serikat, dimana Ellish mayoritas memanggil pemain yang notabenenya mempunyai umur yang telah uzur.

"Seluruh 23 pemain yang berkumpul ini punya potensi untuk sukes berdasarkan kemauan dan pengalaman mereka. Ini merupakan kumpulan orang yang mempunyai bakat, kepercayaan diri, dan pengalaman untuk kembali memenangkan piala dunia," kata Ellish seperti dilansir Reuters.

 

3 dari 3 halaman

Peserta Piala Dunia Wanita

Grup A: Prancis, Korea Selatan, Norwegia, Nigeria

Grup B: Jerman, China, Spanyol, Afrika Selatan

Grup C: Australia, Italia, Brasil, Jamaika

Grup D: Inggris, Skotlandia, Argentina, Jepang

Grup E: Kanada, Kamerun, Selandia Baru, Belanda

Grup F: Amerika Serikat, Thailand, Chile, Swedia

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓