Daftar 3 Tim Promosi Liga Inggris Musim Depan

Oleh Marco Tampubolon pada 28 Mei 2019, 13:20 WIB
Aston Villa

Liputan6.com, Jakarta Aston Villa menjadi tim terakhir yang berhasil meraih tiket ke Premier League musim depan. Pasukan Dean Smith kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris setelah berhasil mengalahkan Derby County dengan skor tipis 2-1 pada babak final playoff, Senin (27/5/2019). 

Bertanding di Stadion Wembley, Aston Villa mampu unggul lewat gol Anwar El Ghazi dan John McGinn. Sementara satu-satunya gol balasan Derby County dicetak oleh Martyn Waghron.

Kemenangan ini mengembalikan posisi Aston Villa ke Liga Inggris setelah terdegradasi pada musim 2015/16. Tahun lalu Villa gagal naik kasta usai kalah 0-1 dari Fulham di babak playoff

Pelatih Dean Smith menyambut antusias kemenangan ini. "Rasanya sangat baik. Jujur saja, pemain sangat hebat," kata Smith kepada Sky Sports seperti dilansir Metro.co.uk. 

"Mereka tampil dengan ide yang berbeda, mereka pantas untuk itu," bebernya. 

Kemenangan ini sekaligus menambah pundi-pundi Villa. Blue Army bakal mengantongi uang setidaknya sebesar 170 juta pound sterling setelah berhasil lolos ke Liga Inggris musim depan. 

Selain Aston Villa, dua tim dari divisi Championship sudah lebih dulu mendapat tempat di liga tertinggi sepak bola Inggris. Siapa saja? Simak daftar lengkapnya di halaman selanjutnya. 

2 of 3

Daftar Tim Promosi Liga Inggris

Aston Villa
Suporter Aston Villa merayakan gol Anwar El-Ghazi ke gawang Derby County pada final play-off promosi Liga Inggris di Stadion Wembley, Senin (27/5/2019). (AFP/Adrian Dennis)

Selain Aston Villa, dua tim teratas klasemen akhir divisi Championship juga berhak melaju ke Premier League. Ketiga tim ini akan menggantikan tim-tim yang terdegradasi musim ini. 

Dua tim lain yang akan menemani Villa adalah Norwich City dan Sheffield United. Norwich melaju otomatis setelah menjuarai divisi Championship musim ini dengan koleksi 94 poin.

Sementara Sheffield berada di urutan kedua, terpaut lima poin dari Norwich. 

 

3 of 3

Tim Degradasi Liga Inggris

Neil Etheridge
Reaksi kiper Cardiff City, Neil Etheridge, setelah kekalahan timnya 2-3 dari Crystal Palace yang memastikan mereka terdegradasi ke Championship musim depan. (AFP/Geoff Caddick)

Cardiff City (34 poin)

Tim promosi asal Wales ini gagal mempertahankan posisinya di kasta tertinggi kompetisi Liga Inggris. Padahal ini merupakan kali pertama Cardiff kembali lagi ke pentas Premier League setelah empat tahun absen.

Fulham (26 poin)

Sama halnya dengan Cardiff, Fulham juga harus mengucapkan selamat tinggal kepada Premier League. Musim ini Fulham promosi dari kasta Championship setelah empat tahun absen di pentas Premier League.

Huddersfield Town (16 poin)

Huddersfield hanya mampu bertahan dua musim di Premier League. Setelah kembali ke Premier League musim 2017-18, Huddersfield harus turun kasta musim depan.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓