Sukses

Shopee Liga 1 2019 Bakal Gunakan VAR

Keputusan ini diambil untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Namun, PSSI belum menetapkan kapan bakal VAR diterapkan pada Shopee Liga 1 2019.

Jakarta - Penggunaan video assistant referee (VAR) di Shopee Liga 1 2019 segera terwujud. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan bakal memakan teknologi tersebut.

Penggunaan VAR bertujuan menjaga kualitas Shopee Liga 1 2019. Putusan ini lahir dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta pada akhir pekan lalu.

PSSI lantas meminta PT LIB untuk membuat kajian dari sisi anggaran dan insfrastruktur. Terkait pemakaian VAR, PSSI juga akan menyesuaikan dengan peraturan FIFA.

"PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria disadur dari laman PSSI.

Di situsnya, PSSI menyebut bahwa VAR bakal digunakan dalam keputusan-keputusan besar seperti penalti, kartu merah, dan gol.

Penerapan VAR dalam praktiknya akan lebih selektif. Wasit hanya memakai VAR saat ragu dengan keputusannya.

Nantinya, wasit akan berkomunikasi melalui sistem cek ke VAR. Setelah itu baru ditampilkan tayangan ulang VAR. Bukan permintaan pemain atau tim, tapi langsung keputusan wasit.

Terkait kapan VAR akan diterapkan di Shopee Liga 1 2019, PSSI masih belum bisa memastikan.

 

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.