Berdayakan Mantan Pemain, Ferguson Minta MU Tiru Bayern Munchen

Oleh Windi.Wicaksono pada 28 Mei 2019, 06:00 WIB
Alex Ferguson (AFP PHOTO/PAUL ELLIS)

Liputan6.com, Manchester - Manajer legendaris Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson meminta klub itu meniru Bayern Munchen dengan memberdayakan para mantan pemain untuk menjalankan klub.

Saat ini, MU tengah mendekati dua mantan pemainnya, Rio Ferdinand dan Darren Fletcher. Keduanya diproyeksikan masuk jajaran manajemen Setan Merah.

Posisi direktur teknik masih lowong di klub yang yang bermarkas di Old Trafford ini. Direktur teknik akan membantu tugas Ole Gunnar Solskjaer di kursi pelatih MU.

Bayern Munchen diketahui baru menjadi juara Bundesliga Jerman untuk tujun musim beruntun. Sukses itu diraih berkat pondasi yang dibangun para mantan pemain Die Roten seperti Uli Hoeness dan Karl-Heinz Rummenigge yang menempati posisi puncak manajemen klub. Kebijakan Bayern ini dipuji oleh Ferguson.

"Mereka klub yang hebat, klub yang dijalankan dalam fondasi yang layak," jelas Alex Ferguson kepada MUTV.

 

2 of 3

Kedekatan Emosional

FOTO: Robert Lewandowski 2 Gol, Bayern Munchen Sabet DFB Pokal
Para pemain Bayern Munchen merayakan gelar juara DFB Pokal setelah mengalahkan RB Leipzig di Stadion Olympic, Berlin, Sabtu (25/5). Munchen menang 3-0 atas Leipzig. (AFP/Odd Andersen)

Menurut Ferguson, para mantan pemain Bayern Muenchen tahu benar apa yang dibutuhkan klub. Para mantan pemain dianggap punya kedekatan emosional dengan klub yang pernah mereka bela.

"Mereka (Bayern) benar-benar menjalankan klub dengan cara yang tepat dan mereka selalu menjuarai Liga Jerman. Mereka klub yang hebat," papar Ferguson.

3 of 3

Terima Kenyataan

MU harus menerima kenyataan gagal lolos ke Liga Champions musim depan. Setan Merah finis di peringkat keenam klasemen Liga Inggris 2018-2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓