Deretan Klub Shopee Liga 1 yang Masih Andalkan Pemain Veteran

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 27 Mei 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2019, 20:15 WIB
Klub paling doyan mengumpulkan pemain tua

Jakarta - Faktor usia dalam dunia sepak bola, terkadang tak terlalu penting untuk dipersoalkan. Termasuk di Shopee Liga 1 2019.

Berderet pesepak bola masih sanggup bermain, bahkan dalam performa yang optimal, alih-alih pensiun karena umurnya makin menua.

Memasuki usia 35, banyak pesepak bola mengerti persaingan di divisi tertinggi kian keras. Dua pilihan pun mengapung, antara gantung sepatu atau rela turun kasta bermain di level kedua.

Pada Liga 1 2019 jumlah pemain uzur kian tergerus. Keberadaannya dapat dihitung secara manual. Maklum, kehadiran pesepak bola senior lazimnya bukan lagi menjadi andalan. Melainkan, untuk berbagi pengalaman dan menjadi motivator untuk pemain muda.

Kendati demikian, bukan berarti para pemain senior kehilangan menit bermain. Sejumlah klub masih mengandalkan pesepak bola veteran untuk bertanding sejak awal.

Ismed Sofyan (39 tahun) dan Supardi Nasir (36 tahun) di Persija Jakarta dan Persib Bandung, misalnya. Keduanya adalah pilihan pertama di klubnya masing-masing.

Berikut Bola.com merangkum sederet klub yang mengoleksi pemain di atas 35 tahun pada Liga 1 2019:

2 of 4

Persija Jakarta

Launching Pemain dan Jersey Persija Jakarta
Pemain Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, memberi sambutan saat launching tim dan jersey 2019 di Epicentrum, Jakarta, Jumat (17/5). Tim berjulukan Macan Kemayoran itu memperkenalkan 30 pemain serta jersey untuk berlaga di Liga 1 2019. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persija Jakarta punya kuartet mantan pemain Timnas Indonesia di skuatnya dalam beberapa musim terakhir. Terdapat Ismed Sofyan (39 tahun), Bambang Pamungkas (38 tahun), dan Maman Abdurrahman (37 tahun).

Meski telah berusia senja, Maman dan Ismed mampu mengoleksi 25 penampilan pada musim lalu. Sedangkan Bambang, hanya tampil pada 13 pertandingan.

 

3 of 4

Madura United

Slamet Nurcahyo
Slamet Nurcahyo mencetak dua gol dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat (3/8/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Madura United memiliki dua pemain veteran di skuatnya musim ini. Alberto Goncalves yang telah berusia 38 tahun, didatangkan dari Sriwijaya FC.

Tim berjulukan Laskar Sapeh Kerrab tersebut telah mempunyai Slamet Nurcahyo, yang usianya memasuki 35 tahun. Pada musim lalu, Beto mampu membukukan 11 gol, dengan Slamet mengoleksi 30 laga.

4 of 4

Persib Bandung

I Made Wirawan
Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan saat melawan PS TNI pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (22/4/2017). PS TNI bermain imbang 2-2. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Mirip dengan Madura United, Persib mengoleksi dua pemain veteran dalam skuatnya. Meliputi I Made Wirawan (37 tahun) dan Supardi Nasir (36 tahun). Nama terakhir bahkan didaulat sebagai kapten tim.

Sayang, Made banyak menghuni bangku cadangan pada musim lalu setelah kalah bersaing dengan Muhammad Natshir. Kiper asal Bali itu cuma mengemas delapan pertandingan.

Predikat tua-tua keladi layak disematkan kepada Supardi. Eks pemain PSMS Medan ini dipercaya tampil pada 27 penampilan pada Liga 1 2018.

 

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓