5 Transfer Mengejutkan yang Pernah Dilakukan MU

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 27 Mei 2019, 13:00 WIB
Logo Manchester United

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sedang sibuk mencari pemain baru untuk merombak tim mereka. Setan Merah, sebutan MU, pada bursa transfer musim panas ini menyiapkan anggaran belanja hingga Rp 4,6 triliun.

Tim yang bermarkas di Old Trafford Stadium itu perlu banyak pemain baru. Sebab, sudah ada dua pemain yang pasti meninggalkan MU lantaran kontraknya habis, yakni Antonio Valencia dan Ander Herrera.

Jumlah itu bisa saja bertambah karena MU juga belum berhasil memperpanjang kontrak dua pemain Spanyol mereka, Juan Mata dan David De Gea.

Salah satu pemain incaran MU di bursa transfer musim panas ini adalah striker Juventus, Paulo Dybala. Untuk mendapatkan striker Timnas Argentina tersebut, manajemen MU harus menyerahkan uang ke rekening Juventus sebanyak 90 juta euro (Rp 1,45 triliun).

Melihat aktivitas MU di bursa transfer pada masa lalu, sejumlah pemain justru tidak sengaja didatangkan ke Old Trafford. Sehingga membuat fans dan pesaing terkejut. Lalu siapa saja transfer yang sempat membuat heboh MU, berikut ulasannya seperti dilansir Manutd.com:

 

2 of 6

Eric Cantona

Manchester United
Eric Cantona dibeli MU dari Leeds United dengan harga 1,2 juta poundsterling. King Cantona sukses mencetak 82 gol untuk United dalam jangka waktu lima musim. (Bola.com/Istimewa)

Siapa yang tidak kenal sosok Cantona. Di Old Trafford ia masih menjadi 'Raja' hingga sekarang.

Menariknya MU sendiri tidak sengaja membeli pemain asal Prancis tersebut. Pada tahun 1992, Presiden Leeds United Bill Fotherby bertemu dengan Presiden MU Martin Edwards untuk menegosiasikan transfer Denis Irwin.

Edwards secara iseng menanyakan apakah Cantona dijual yang kemudian mendapat respons positif dari Fotherby. Uniknya Cantona justru menjadi legenda di Old Trafford dan sukses menyumbangkan sembilan gelar.

 

3 of 6

Juan Sebastian Veron

Juan Sebastian Veron
Juan Sebastian Veron (AFP)

Transfer Veron sebenarnya tidak mengejutkan fans dan juga pesaing MU. Maklum saat dibeli tahun 2001 gelandang Argentina itu sedang dalam puncak performanya.

Namun yang terkejut adalah manajer MU, Alex Ferguson. Pasalnya saat itu Veron dibeli dengan harga tidak murah yakni 28,1 juta pound.

"Hingga sekarang saya tidak menyangka bisa menghabiskan uang sebanyak itu untuk satu pemain," kata Ferguson saat itu. Sayang Veron gagal bersinar di Old Trafford dan pindah dua tahun kemudian.

 

4 of 6

Henrik Larsson

Pemain MU
Henrik Larsson. striker ini didatangkan MU dari Helsingborgs IF saat usianya 36 tahun pada musim 2006/2007. Dengan status pinjaman, bomber Swedia ini membukukan 13 penampilan dengan torehan tiga gol. (AFP/Paul Ellis)

Alex Ferguson kembali membuat keputusan mengejutkan tahun 2007. Pada bursa transfer Januari, Sir Alex malah meminjam Larsson yang sudah berusia 35 tahun ketimbang pemain lain.

Meski hanya mencetak tiga gol dari 13 laga. Namun Ferguson menyebut kedatangan Larsson sangat berarti bagi MU.

"Dia datang di saat klub memasuki fase penting sepanjang musim. Saya berusaha keras untuk mempertahankannya namun ia telah berjanji pulang pada keluarganya," kata Ferguson setelah mengembalikan Larsson yang dipinjam hanya tiga bulan.

 

5 of 6

Michael Owen

Liverpool Vs Manchester United
Michael Owen merupakan salah satu pemain yang pernah berseragam Liverpool dan juga MU. Striker berkebangsaan Inggris itu memulai karier di Liverpool dan sempat membela Setan Merah pada periode 2009-2012. (AFP/Paul Ellis)

Hadirnya Owen sempat dipertanyakan fans MU karena striker asal Inggris itu sudah dianggap melewati masa emasnya. Namun Alex Ferguson menilai Owen masih punya sesuatu untuk diberikan pada Setan Merah.

Bahkan Owen diberi nomor keramat di MU yakni nomor 7 meneruskan peninggalan Cristiano Ronaldo. Sayang Owen benar-benar tidak bersinar dan hanya menyumbang lima gol dari 31 laga Liga Premier.

"Kami sebenarnya ingin merekrut Karim Benzema, namun gagal. Lalu kami memilih Owen yang kontraknya habis," kata Ferguson.

 

6 of 6

Robin van Persie

Manchester United, Premier League, Arsenal
Robin van Persie. (AFP/Paul Ellis)

Banyak orang mengira Arsenal tak mungkin lagi melepas pemain bintangnya ke klub rival pada tahun 2012. Pasalnya, Arsenal selalu kesulitan menjadi juara setelah penjualan tersebut.

Namun Arsenal terpaksa menjual Van Persie karena sang pemain menolak perpanjangan kontrak. Ferguson sendiri yang menelepon Arsene Wenger agar negosiasi berjalan lancar. Hasilnya, RVP mampu membawa MU meraih juara dan menjadi top scorer dengan 26 gol di musim perdananya.

Striker asal Belanda itu menghabiskan tiga musim di Old Trafford Stadium. Dia mencatatkan 58 gol dari 105 penampilan bersama Setan Merah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓