Sukses

Republik Ceko Terancam Dicoret dari MotoGP 2021, Kenapa?

Kontrak antara Dorna dan Sirkuit Brno akan berakhir pada pengujung musim 2020 dan belum ada pembicaraan perpanjangan. Ini membuat Dorna mengultimatum penyelenggara MotoGP Republik Ceko.

Jakarta Dorna Sport memberi peringatan kepada penyelenggara MotoGP Republik Ceko agar segera memperpanjang kontrak. Soalnya, selaku penyelenggara MotoGP, Dorna siap mencoret Republik Ceko dari  kalender musim 2021.

Situasi itu terjadi karena sampai saat ini pihak penyelenggara MotoGP Republik Ceo, Spolek Pro GP CR belum memperpanjang kontrak dengan Dorna. Padahal, kontrak kerja sama mereka akan berakhir pada pengujung musim 2020. 

Mandeknya perbaharuan kontrak terjadi karena pemerintah setempat enggan bersedia membayar subdisi untuk menggelar MotoGP Republik Ceko secara penuh. Pemerintah setempat hanya mampu memberikan subsidi sebesar 1,56 juta euor (Rp 25,1 miliar) dari kesepakatan seharusnya sebesar 2,6 juta euro (Rp 41,9 miliar) kepada Spolek Pro GP CR.

Padahal, untuk menggelar balapan MotoGP Republik Ceko membutuhkan biaya sebesar 4,1 juta euro (Rp 61,1 miliar). Saat ini, Dorna Sports sedang melakukan negosiasi perpanjangan kontrak bersama Pemerintah Kota Brno, Pemerintah Provinsi Moravia Selatan, dan Pemerintah Ibu Kota Praha.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyebut saat ini pihaknya tak segan mencoret MotoGP Republik Ceko pada musim 2021. Hal itu terjadi karena banyak permintaan dari seluruh penjuru dunia untuk menambah balapan.

"Kami punya banyak permintaan dari seluruh penjuru dunia saat ini. Finlandia sudah ada untuk balapan 2020. Selain itu ada Indonesia, Brasil, Mexico City (Meksiko), Portimao (Portugal), dan lainnya yang masuk daftar tunggu," kata Carmeloo Ezpeleta seperti dikutip Tuttomotoriweb, Minggu (26/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Permintaan

 Sirkuit Brno sudah menjadi tuan rumah MotoGP sejak 1993. Tahun ini, balapan MotoGP Ceko akan berlangsung pada 4 Agustus mendatang.

Apakah balapan ini berlanjut setelah 2020, ini tergantung dari penyelenggara MotoGP Republik Ceko.

"Oleh karena itu, Dorna dalam waktu dekat akan membuat ultimatum dengan penyelenggara MotoGP Ceko. Jika pembayaran tidak tiba pada waktunya yakni pengujung 2020, maka seri tersebut akan dicoret dari balapan," tegas pria asal Spanyol itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.