Sukses

Piala Sudirman 2019: Jepang Siapkan Strategi untuk Tumbangkan Indonesia

Jepang bertekad mengalahkan Indonesia dalam perebutan tiket final Piala Sudirman 2019 yang berlangsung di Nanning, Tiongkok, Sabtu (25/6/2019).

Liputan6.com, Nanning - Tim bulu tangkis Indonesia akan menghadapi Jepang dalam laga semifinal Piala Sudirman 2019 di Nanning, Tiongkok, Sabtu (25/5/2019). Berstatus sebagai tim yang lebih difavoritkan juara, Jepang bertekad merebut tiket final dengan mengandaskan Indonesia.

Jepang melaju ke semifinal Piala SUdirman 2019 setelah menang 3-0 atas Malaysia. Sedangkan Indonesia harus bekerja lebih keras untuk melaju ke semifinal dengan mengalahkan Chinese Taipei 3-2.

Pelatih kepala timnas bulu tangkis Jepang Park Joo Bong mengaku puas dengan kemenangan timnya hari ini. Akan tetapi, ia mengaku masih harus meracik susunan pemain yang tepat untuk diturunkan besok.

Joo Bong mengaku cukup was-was dengan sektor ganda putra. Ini bukan karena semata-mata Indonesia punya Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon dan dua pasangan tangguh lainnya. Tetapi, performa para pemainnya di sektor itu belum cukup meyakinkan di turnamen ini.

Dalam tiga laga yang sudah dilakoni sejak fase grup Piala Sudirman 2019, Jepang hanya menang meyakinkan satu kali ketika berduel dengan Thailand. Selebihnya, mereka menderita satu kekalahan saat melawan Rusia dan nyaris saja kalah dalam laga melawan Malaysia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Tentukan

Takeshi Kamura / Keigo Sonoda sempat dibuat kelimpungan pasangan Malaysia Ong Yew Sin/Ee Yi Teo di laga ganda putra. Meski akhirnya menang 13-21, 26-24, dan 23-21, hal ini rupanya tidak terlalu menggembirakan buat Joo Bong.

Menghadapi ganda putra Indonesia yang lebih tangguh, Kamura / Sonoda maupun Hiroyuki Endo / Yuta Watanabe tentu tidak bisa main angin-anginan. Meski memiliki potensi memenangkan laga lewat partai lain, Jepang akan lebih percaya diri jika dapat merebut poin dari ganda putra.

"Hari ini memang bukan performa terbaik mereka (ganda putra, Red). Ini jadi bahan pertimbangan kami untuk menentukan siapa yang akan turun besok. Secara keseluruhan, mereka main lebih rapi ketimbang saat melawan Rusia dan Thailand," ujar Joo Bong.

3 dari 3 halaman

Yakin Menang

Sementara itu, pemain tunggal putri Nozomi Okuhara mengaku yakin timnya bisa melewati Indonesia. "Jepang sekarang ini adalah tim yang kuat. Dalam pertandingan beregu seperti ini, hal yang paling dibutuhkan adalah rasa keyakinan pada diri sendiri dan kepercayaan kepada semua anggota tim," ucapnya.

"Saya yakin tim percaya dengan saya, begitupun saya percaya dengan mereka. Kami ingin jadi juara tahun ini,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.