Catatan Gemilang 3 Veteran yang Meninggalkan Bayern Munchen

Oleh Rizki Hidayat pada 21 Mei 2019, 07:00 WIB
Tiga pemain Bayern Munchen, Arjen Robben, Rafinha, dan Franck Ribery.

Jakarta - Bayern Munchen rela melepas tiga pemain senior akhir musim ini. Rafinha, Arjen Robben, dan Franck Ribery pergi seiring berakhirnya durasi kerja.

Kontrak Rafinha, Robben, dan Ribery bersama Die Bayern berakhir pada 30 Juni 2019. Dengan usia yang tidak lagi muda, ketiganya memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak bersama Bayern Munchen.

Robben dan Ribery melakoni laga terakhirnya bersama The Bavarians di Allianz Arena saat bersua Eintracht Frankfurt, pada pekan ke-34 Bundesliga Jerman, Sabtu (18/5/2019). Sementara itu, Rafinha hanya duduk di bangku cadangan.

Robben mulai bermain pada menit ke-67 menggantikan Serge Gnabry, sedangkan Ribery telah lebih dulu tampil pada menit ke-61 selepas menggantikan peran Kingsley Coman.

Keduanya pun berhasil menyumbangkan gol sekaligus membawa Bayern Munchen meraih kemenangan 5-1. Franck Ribery lebih dulu mencetak gol pada menit ke-72, kemudian delepan menit berselang giliran Arjen Robben yang membobol gawang Eintracht Frankfurt.

Hasil itu pun terasa spesial untuk ketiganya. Sebab Rafinha, Robben, dan Ribery untuk terakhir kalinya berkontribusi membantu Bayern Munchen meraih trofi Bundesliga Jerman.

Ketiganya masih memiliki kesempatan mempersembahkan satu gelar juara lagi untuk Bayern Munchen pada musim ini, yakni DFB Pokal. Dalam laga final di Olympiastadion Berlin, 25 Mei 2019, Bayern bakal bersua RB Leipzig.

Trofi itu bakal melengkapi perjalanan karier Rafinha, Arjen Robben, dan Franck Ribery bersama Bayern Munchen. Lantas, apa saja koleksi gelar ketiganya bersama Die Bayern? Berikut ini adalah ulasannya. 

2 of 4

Rafinha

5 Pesepak Bola yang Mesti Dilego Bayern Munchen
1. Rafinha – Mulai bergabung pada tahun 2011. Namun dirinya kerap terlihat di bangku cadangan. Di umurnya sekarang sepertinya Bayern Munchen tidak akan memperpanjang kontrak mantan pemain Genoa tersebut. (AFP/Christof Stache)

Pemain asal Brasil ini mulai berseragam The Bavarians pada 1 Juni 2011, setelah ditebus dari Genoa. Dia pun menjadi satu di antara sosok penting di sisi kanan pertahanan Bayern.

Selama delapan musim berseragam Die Roten, Rafinha tampil dalam 266 pertandingan dan mencetak enam gol plus 29 assist. Dia juga turut membantu Bayern Munchen meraih 17 titel juara.

Ke-17 gelar yang dipersembahkan Rafinha untuk Bayern adalah tujuh trofi Bundesliga Jerman, dua DFB Pokal, empat gelar DFL Supercup, dan masing-masing satu Liga Champions, Piala Super Eropa, serta satu gelar Piala Dunia Antarklub.

Setelah menorehkan berbagai prestasi mengilap bersama Bayern Munchen, Rafinha santer disebut akan kembali ke Brasil. Dia rencananya akan memperkuat Flamengo pada musim depan.

3 of 4

Arjen Robben

Winger Bayern Munchen, Arjen Robben.
Arjen Robben melakoni laga terakhirnya bersama Bayern Munchen Bayern Munchen saat bersua Eintracht Frankfurt pada pertandingan pekan ke-34 Bundesliga Jerman di Allianz Arena, Sabtu (18/5/2019). (AP Photo/Matthias Schrader)

Winger 35 tahun tersebut mulai berseragam Die Roten pada 28 Agustus 2009, setelah ditebus dari Real Madrid. Memiliki kelincahan dalam menggiring bola dan sepakan kaki kiri yang mematikan, pemain asal Belanda itu berhasil menjadi pilar penting di sisi kanan serangan Bayern Munchen.

Selama 10 musim berseragam Bayern, Robben berhasil mencetak 144 gol dan 101 assist dari 308 pertandingan di seluruh ajang. Mantan pemain Chelsea ini juga turut membantu The Bavarians merengkuh 19 gelar juara.

Trofi yang dikoleksi Arjen Robben bersama Die Bayern adalah delapan gelar Bundesliga, empat titel DFB Pokal, lima gelar DFL Supercup, dan masing-masing satu gelar Liga Champions serta Piala Super Eropa.

Setelah hengkang dari Bayern Munchen, Robben masih belum memutuskan kelanjutan kariernya. Satu di antara opsi yang dipertimbangkan pemain bernomor punggung 10 ini adalah gantung sepatu.

4 of 4

Franck Ribery

bayern munchen, bundesliga, munchen, liga jerman
Gelandang Bayer Munchen, Frank Ribery, melakukan selebrasi usai mengalahkan Eintracht Frankfurt di di Allianz Arena, Jerman, Sabtu (18/5). Munchen menang 5-1 atas Frankfurt. (John Macdougall/AFP)

Selama 12 musim berseragam Bayern Munchen, Ribery telah menorehkan banyak prestasi gemilang. Dia sukses mencetak 124 gol dan 182 assist dari 424 pertandingan di seluruh ajang.

Pria 36 tahun ini juga turut membantu Die Bayern merengkuh 23 gelar juara, dengan rincian sembilan trofi Bundesliga Jerman, lima gelar DFB Pokal, satu titel DFB Ligapokal, lima trofi DFL Supercup, dan masing-masing satu gelar di Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Franck Ribery juga menorehkan rekor sebagai pemain dengan koleksi trofi Bundesliga terbanyak. Dia unggul satu gelar lebih banyak ketimbang pemain lainnya, termasuk bintang Bayern Munchen, mulai dari David Alaba, Arjen Robben, Thomas Muller, Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, dan Oliver Kahn yang mengoleksi delapan trofi.

 

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓