3 Bek yang Bisa Gantikan Vincent Kompany di Manchester City

Oleh Luthfie Febrianto pada 20 Mei 2019, 19:00 WIB
Manchester City Juara Piala Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Kapten sekaligus bek Manchester City, Vincent Kompany telah mengonfirmasi bakal hengkang di akhir musim ini. Kompany memutuskan untuk pulang kampung ke Belgia dan bergabung ke Anderlecht.

"Selama tiga tahun ke depan, saya akan mengambil jabatan sebagai Pemain-Pelatih dari RSC Anderlecht," tulis Kompany dalam surat terbuka yang ia unggah di Facebook, seperti yang dikutip dari The Sun.

"Ini mungkin akan membuat anda terkejut. Ini adalah keputusan paling bersemangat sekaligus rasional yang pernah saya buat," lanjutnya.

Kompany membela Manchester City selama 11 tahun. Ia membantu klub berjuluk The Citizens itu meraih 12 trofi dari berbagai ajang.

Kepergian Kompany mau tak mau membuat Manchester City harus mencari pengganti. Seperti dilansir Sporstkeeda, berikut tiga bek yang bisa menggantikannya.

 

2 of 4

1. Samuel Umtiti

Samuel Umtiti
Bek Barcelona, Samuel Umtiti (AFP)

Umtiti menjalani musim yang kurang bagus bersama Barcelona. Bek asal Prancis ini lebih banyak diparkir karena mengalami cedera.

Mantan bek Olympique Lyonnais ini semakin terpinggirkan setelah Clement Lenglet sukses bertandem dengan Gerard Pique. Ia pun berpeluang dilego pada bursa transfer musim panas ini.

Dengan hengkangnya Kompany, Umtiti bisa menjadi pengganti yang pas. Secara fisik, Umtiti punya kemiripan dengan Kompany yakni bertubuh kekar dan kukuh.

Kehadirannya di lini belakang akan semakin menguatkan pertahanan Manchester City. Bersama The Citizens, Umtiti diprediksi akan bertandem dengan Aymeric Laporte atau John Stones.

3 of 4

2. Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt (OLAF KRAAK / ANP / AFP)

Matthijs de Ligt selama ini erat dikaitkan dengan Barcelona. Namun itu bukan berarti Manchester City tak punya kesempatan untuk membajak pemain asal Belanda tersebut.

Ajax Amsterdam hampir pasti melepas De Ligt di bursa transfer akhir musim ini. Manchester City pun tampaknya harus gesit untuk bertarung dengan klub lain demi tanda tangan De Ligt.

Di usianya yang masih 19 tahun, De Ligt berpeluang besar menjadi investasi jangka panjang Manchester City. Dengan sederet prestasi, De Ligt rasanya tak akan kesulitan bermain di Liga Inggris.

4 of 4

3. Kalidou Koulibaly

4 Pemain Real Madrid
Kalidou Koulibaly (AFP/Marco Bertorello)

Bek Napoli ini bukan rahasia lagi terus diperbincangkan selama bursa transfer. Performa impresif Koulibaly bersama Il Partenopei memang membuatnya masuk ke dalam daftar buruan klub-klub besar Eropa.

Manchester United tercatat sebagai klub yang paling sering dikaitkan dengan Koulibaly. Maklum, MU dinilai punya masalah di lini belakang mereka.

Napoli sendiri sejauh ini belum mengonfirmasi ada tawaran masuk untuk Koulibaly. Inilah yang bisa dijadikan celah bagi Manchester City untuk masuk.

Kendati demikian, Manchester City tak lantas bisa dengan mudah mendapatkan Koulibaly. Napoli diprediksi akan menaikkan harga transfer bek asal Senegal tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓