5 Catatan Unik Jelang Laga PSM Vs Semen Padang di Shopee Liga 1 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 20 Mei 2019, 13:35 WIB
Diperbarui 22 Mei 2019, 12:13 WIB
PSM Makassar Vs Semen Padang FC

Jakarta PSM Makassar akan menjamu Semen Padang pada laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar, Senin (20/5/2019). Laga ini jadi kesempatan buat Pasukan Ramang untuk membuka musim dengan kemenangan.

PSM sedang dalam tren positif bersama pelatih Darije Kalezic. Klub asal Makassar, Sulawesi Selatan, itu baru saja menyelamatkan wajah Indonesia dengan lolos ke semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019.

Hebatnya, pencapaian itu diraih PSM dengan status juara Grup H dan tidak terkalahkan selama penyisihan. Hal inilah yang membuat PSM percaya diri menatap musim baru Shopee Liga 1 2019.

Apalagi skuat PSM dihuni materi pemain berkualitas. Di lini belakang ada Aaron Evans, di lini tengah ada Marc Klok dan Wiljan Pluim, sedangkan untuk juru gedor ada bomber asal Finlandia, Eero Markkanen.

Namun, PSM tentu saja tak boleh memandang sebelah mata Semen Padang. Sebagai klub promosi, Kabau Sirah tentu saja bertekad memberikan kejutan.

Berikut ini 5 fakta menarik jelang duel PSM Makassar kontra Semen Padang di Shopee Liga 1 2019 versi Bola.com:

2 of 2

5 Fakta Menarik

FOTO: Allianz Wujudkan Mimpi Putra Putri dari Suporter PSM Makassar
Sejumlah anak-anak dari suporter PSM Makassar menjadi pendamping saat laga Piala AFC melawan Home United di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (30/4). Kesempatan ini diberikan oleh Allianz sebagai salah satu sponsor. (Bola.com/Yoppy Renato)

1. Pertemuan ke-11 PSM Vs Semen Padang

Pada pertemuan terakhir di Liga 1 2017, Semen Padang menang 2-1 dalam partai kandang putaran pertama dan kalah 0-4 pada partai tandang putaran kedua.

PSM secara keseluruhan hanya mampu menang 3 kali dan 1 kali imbang, sedangkan enam laga sisanya kalah melawan Semen Padang. PSM Makassar baru kalah sekali melawan Semen Padang pada laga kandang.

2. Catatan Apik PSM 

PSM belum terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir di berbagai ajangSebaliknya, Semen Padang meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhir yang empat lainnya berupa kekalahan.

PSM menang atas Home United 3-2, dan Lao Toyota 3-0 di Piala AFC 2019. Hasil terakhir mengukuhkan dominasi tim Juku Eja di Grup H.

3. Debut Darije Kalezic di Liga 1

Duel versus Semen Padang merupakan debut pelatih Darije Kalezic di Liga 1. Polesan Darije di liga domestik patut dinanti mengingat pada dua musim sebelumnya PSM khas dengan racikan Robert Alberts yang kini menangani Persib Bandung.

4. Partai Ketiga Tim Lawas Melawan Tim Promosi

Laga PSM kontra Semen Padang menjadi partai ketiga Shopee Liga 1 2019 yang mempertemukan tim lawas dengan tim promosi. Seperti diketahui, Semen Padang kembali ke kasta tertinggi musim ini setelah menjadi runner-up Liga 2 2018.

Sementara PSM berstatus tim papan atas. Dua tahun berturut-turut, PSM menempati posisi kedua. 

Sebelumnya, duel tim lawas melawan tim promosi tersaji pada laga pembuka antara PSS Sleman melawan Arema FC. Kemudian dilanjutkan dengan PSIS Semarang versus Kalteng Putra.

5. Debut Syafrianto Rusli di Liga 1

Partai tersebut juga akan menjadi laga debut pelatih Syafrianto Rusli di Liga 1. Syafrianto Rusli dipertahankan Semen Padang setelah membawa tim itu kembali ke kasta tertinggi.

Lanjutkan Membaca ↓