Sukses

Xavi: Barcelona Tak Mungkin Juara Liga Champions Tanpa Penguasaan Bola

Xavi Hernandez memberi masukan untuk mantan klubnya Barcelona yang belum juga meraih gelar Liga Champions sejak dirinya pensiun di 2015 lalu.

Liputan6.com, Barcelona- Xavi Hernandez mengomentari kegagalan Barcelona di Liga Champions 2018-2019. Eks playmaker jenius Blaugrana ini mengatakan Barcelona harus secepatnya kembali ke gaya bermain yang lama; mendominasi dan andalkan penguasaan bola.

Hanya cara ini, kata Xavi, yang bisa membawa kembali Barcelona berjaya di Liga Champions. Tanpa gaya main seperti itu, Xavi menilai Barcelona mustahil bisa kembali menjadi juara Liga Champions. 

Legenda Barcelona ini juga menilai mantan klubnya sudah kehilangan 'marwah' itu di permainan.

"Saya pikir Barcelona harus mendominasi lagi, kalau tidak mana mungkin juara Liga Champions lai," ujar Xavi seperti dikutip Marca.

"Sejarah mengingatkan kami saat bagaimana Barcelona memenangkan Liga Champions dan Liga Spanyol bersamaan. Saya pikir kami sekarang kurang mendominasi pertandingan lagi."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Mau

Apakah ini tanda Xavi ingin melatih Barcelona? Dia mengatakan belum ingin menjadi pelatih kepala Barcelona, setidaknya untuk sekarang ini.

"Saya belum ingin melatih Barcelona. Saya tak mungkin awali karier jadi pelatih tim utama Barcelona, itu tidak normal," ujarnya.

"Saya harus membuktikan dulu kualitas saya sebagai pelatih dan memulainya dari nol.Terlalu cepat kalau sekarang kembali ke Barcelona atau melatih klub La Liga.

"Tentu itu menjadi tujuan saya melatih Barcelona, tapi saya harus benar-benar siap. Ini belum waktunya."

3 dari 3 halaman

Bak Dongeng

Xavi juga mengingat kembali masa kejayaannya di sepak bola. Dia mengatakan segalanya saat itu seperti dongeng.

"Semuanya terjadi bak dongeng saja," ujar Xavi mengingat kariernya di sepak bola.

"Pengakuan di level personal dan sepak bola. Juga trofi dan pengalaman. Apa yang sudah saya nikmati di lapangan, merasa penting di Barcelona dan Timnas Spanyol."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions