Sukses

Kalahkan MU, Real Madrid Merek Paling Berharga di Sepak Bola dunia

Real Madrid memiliki nilai brand hingga Rp 26,6 triliun yang salah satunya didukung oleh sponsor yang mereka miliki.

Liputan6.com, Madrid- Meski prestasi merosot, Real Madrid tetap didaulat sebagai merek atau brand paling berharga di sepak bola dunia. Madrid memiliki nilai sebesar 1,646 miliar euro (Rp 26,6 triliun).

Real Madrid kalahkan Manchester United (MU) yang memiliki nilai 1,472 miliar euro. Ada juga Barcelona (1,393 miliar euro), Bayern Munchen (1,314 miliar euro), Manchester City (1,255 miliar euro) dan Liverpool (1,191 miliar euro). 

Enam klub ini disinyalir meraup 40 persen dari nilai brand 50 klub terbaik di dunia. Seperti dilansir Marca, nilai merek Real Madrid naik 27 persen dibandingkan tahun lalu.

Real Madrid juga disinyalir menjadi klub pertama yang bisa meraih penghasilan tiket sebesar 750 juta euro.

Klub Spanyol lain yang masuk 50 brand paling berharga yaitu Atletico Madrid yang menempati posisi 14, Sevilla menempati posisi 35 (naik 13 tempat), Athtletic Bilbao posisi 45, Villarreal 47 dan Valencia 48.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghasilan dari Sponsor

Salah satu hal yang membuat Real Madrid sukses jadi brand paling berharga yaitu karena pendapatan dari sponsor. Madrid saat ini menggandeng sponsor seperti Emirates, Adidas, Audi, EA Sports, Hugo Boss dan Mahou.

Barcelona berada di posisi dua soal sponsor. Mereka saat ini menggaet Rakuten, Nike, Allianz, Audi, Betfair, Estrella Damm, Gatorade dan Gillette.

Sedangkan klub asal Inggris, Manchester United berada di posisi ketiga. Namun untuk olahraga keseluruhan, tiga klub ini masih kalah dengan brand NBA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.