Sukses

Jalani Periode Buruk, Real Madrid Tetap Merek Paling Mahal di Dunia

Jika dibandingkan dengan nilai yang Real Madrid catatkan pada tahun lalu, saat ini ada kenaikan hingga 27 persen.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid menjalani musim yang buruk pada 2018-19. Bahkan, Los Blancos tidak memenangkan satu pun gelar di tingkat mayor.

Meski demikian, Real Madrid tetap jadi merek paling mahal di dunia. Dalam hal ini, tentu saja merek yang terkait dengan klub sepak bola. Bukan dengan merek dagang lainnya sebagai alat perbandingan.

Menurut laporan dari Brand Finance, seperti dikutip dari Marca, prestasi Los Blancos yang buruk di atas lapangan tidak terjadi di bidang keuangan. Real Madrid juga mencatat banyak hasil yang positif dari sisi finansial.

Bahkan, jika dibandingkan dengan nilai yang Real Madrid catatkan pada tahun lalu, saat ini ada kenaikan hingga 27 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Real Madrid Nomor Satu

Sesuai dengan rilis yang dipublikasikan oleh Brand Finance, pada tahun 2019, Real Madrid memiliki nilai mencapai 1.416 miliar pounds. Nilai ini melesat jauh jika dibanding yang dicatatkan Real Madrid pada tahun sebelumnya.

Dengan nilai tersebut, Real Madrid juga sukses menggusur Manchester United yang sebelumnya jadi klub paling mahal di dunia. Pada tahun 2019 ini, nilai Manchester United adalah 1.266 pounds, tepat berada di bawah Real Madrid.

Di posisi ketiga ada Barcelona yang punya nilai mencapai 1.198 miliar pounds. Selain prestasi di pentas domestik yang konsisten, Barcelona dalam beberapa tahun terakhir juga mulai memperluas jaringan bisnisnya.

Sementara itu, Bayern Munchen berada di posisi ke-4 dengan nilai 1.130 miliar pounds. Bayern Munchen sekaligus jadi satu-satunya klub Jerman yang masuk dalam sepuluh besar kategori tim paling bernilai.

 

3 dari 3 halaman

Dominasi Klub Inggris

Dari daftar 10 besar klub paling berniali di dunia, klub asal Inggris mengirim wakil yang paling banyak. Tercatat, ada enam tim asal Premier League masuk dalam penguni posisi 10 besar. Salah satunya adalah Tottenham Hotspur.

Finalis Liga Champions 2018/19 itu punya nilai jual mencapai angka 652 milar pounds. Dengan harga ini, Spurs bahkan mampu melewati beberapa klub papan atas Italia seperti Juventus, AC Milan maupun Inter Milan.

Berikut daftar 10 besar klub paling bernilai di dunia pada tahun 2019:

1. Real Madrid – 1.416 miliar pounds

2. Manchester United – 1.266 miliar pounds

3. Barcelona – 1.198 miliar pounds

4. Bayern Munich – 1.130 miliar pounds

5. Manchester City – 1.079 miliar pounds

6. Liverpool – 1.024 miliar pounds

7. Chelsea – 832 miliar pounds

8. PSG – 786 miliar pounds

9. Arsenal - 761 miliar pounds

10. Tottenham Hotspur – 652 miliar pounds

 

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.