10 Penyerang Top Brasil yang Cetak Hattrick di Liga Champions

Oleh Ario Yosia pada 14 Mei 2019, 18:10 WIB
Pemain Tottenham Lucas Moura

Jakarta Penyerang multifungsi Tottenham Hotspur ​Lucas Moura,​ menjadi sorotan publik saat ini setelah hattrick yang dicetaknya ke gawang Ajax meloloskan timnya ke final Liga Champions musim 2018-2019.

Spurs sempat tertinggal 0-2 di paruh pertama laga, sebelum membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Sukses ini terasa sensasional bagi Lucas Moura​, yang sejatinya serep penyerang Tottenham Hotspur menggantikan Harry Kane yang cedera berkepanjangan.

Patut dicatat, ia bukan menjadi pemain pertama asal Brasil yang mencetak hattrick di ​Liga Champions.

Berikut adalah 10 penyerang top Brasil yang sukses melesakkan tiga gol dalam pertandingan Liga Champions seperti dirangkum situs ​90min yang disarikan Bola.com.

 

2 of 12

Romario Faria

Romario
Romario (kanan) (Barcelona.com)

Romario merupakan pemain pertama Brasil yang mencetak hattrick sejak nama kompetisi diubah menjadi ​Champions League pada 1992.

Ia mencetak tiga gol tersebut ke gawang klub wakil Yunani, AEK Athens pada 4 November 1992.

3 of 12

Rivaldo

Ballon d'Or
Rivaldo (AFP/Christophe Simon)
4 of 12

Ronaldo da Lima

Pesepak Bola Kelas Dunia yang Miliki Julukan Unik
Ronaldo da Lima (AFP/Paul Barker)

Kekalahan Real Madrid 3-4 dari ​Manchester United di leg kedua perempat final Champions League terjadi pada 23 April 2003. Namun, mereka tetap lolos ke semifinal karena terlebih dulu unggul di leg pertama.

Yang menarik dari lega tersebut adalah mantan striker asal Brasil, Ronaldo mencetak hattrick ke gawang Manchester United.

5 of 12

Adriano

Pesepak Bola Bertubuh Gemuk Saat Merumput
Adriano Leite AFP/Damien Meyer)

Mantan striker ​Inter Milan, Adriano mencetak hattrick di Champions League di tahun yang sama (2005), tapi di musim yang berbeda. Hattrick pertama dicetaknya saat Inter Milan menang 3-1 dari Porto di leg kedua perempat final Champions League 2004/05.

Sedangkan, hattrick yang kedua dicetaknya saat Inter Milan menang 4-0 dari wakil Slovakia, Artmedia Bratislava pada 23 November 2005.

6 of 12

Ronaldinho

10 Bintang Sepak Bola yang Dicintai oleh Fans Rival
Ronaldinho (AFP/Josep Lago)

​Barcelona menang telak 4-1 dari Udinese pada 27 September 2005 dan Ronaldinho mencetak hattrick di laga tersebut. Satu gol lagi dicetak mantan pemain Barcelona asal Portugal, Deco di babak pertama.

Di musim itu Barcelona berhasil memenangkan titel Champions League setelah menang 2-1 dari Arsenal di laga final.

7 of 12

Kaka

10 Pesepakbola Dunia yang Memiliki Jet Pribadi Super Mahal
Kaka (AFP/Miguel Medina)

​AC Milan sukses mengangkat trofi Champions League pada musim 2006/07 dan keberhasilan mereka tidak lepas dari andil mantan pemain mereka, Kaka.

Hal itu bisa terlihat dari hattrick Kaka saat AC Milan menang 4-1 dari Anderlecht pada 1 November 2006.

8 of 12

Luiz Adriano

Luiz Adriano (AC Milan asal Brasil)
Luiz Adriano( Hannah Foslien / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP )

Mantan striker Shakhtar Donetsk, Luiz Adriano menjadi pemain Brasil yang mencetak hattrick paling banyak di ​Champions League.

Ia tiga kali mencetak hattrick, satu kali ke gawang Nordsjaelland, dan dua kali ke gawang BATE Borisov.

9 of 12

Neymar

Pesepak Bola Dunia yang Jadikan Sang Ayah Sebagai Agen
Neymar Jr (AFP/ Anne-Christine Poujoulat)

Bintang sepak bola Paris Saint-Germain, Neymar menunjukkan kelasnya sebagai pemain termahal di dunia. Ia mencetak hattrick saat timnya menang 6-1 dari Red Star Belgrade pada 3 Oktober 2019.

Sebelumnya, ia pun pernah mencetak hattrick ke gawang Celtic dengan skor yang sama saat masih membela ​Barcelona pada 11 Desember 2013.

10 of 12

Philippe Coutinho

Barcelona Vs Manchester United
Philippe Coutinho (AP/Joan Monfort)

Mantan pemain Liverpool, Philippe Coutinho pernah mencetak hattrick bagi timnya di Champions League saat The Reds menang 7-0 dari Spartak Moscow pada 6 Desember 2017.

Empat gol lainnya dicetak oleh Roberto Firmino (1), Sadio Mane (2), dan Mo Salah (1).

11 of 12

Gabriel Jesus

Manchester City Vs Burnley
Gabriel Jesus (AP/Rui Vieira)

Gabriel Jesus menjadi pemain Brasil kedua yang mencetak hattrick di Champions League pada 2018/19 saat Manchester City menang 6-0 dari Shakhtar Donetsk pada 7 November 2018.

Sayangnya, langkah ​Manchester City harus terhenti di perempat final Champions League, setelah kalah secara dramatis oleh Tottenham Hotspur.

12 of 12

Lucas Moura

Tottenham Hotspur Kalahkan Ajax
Gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen berselebrasi dengan Lucas Moura usai menang atas Ajax Amsterdam pada laga kedua semifinalLiga Champions di Stadion Johan Cruyff, Rabu (8/5). Tottenham secara dramatis merebut tiket final Liga Champions setelah menaklukkan Ajax 3-2. (AP/Peter Dejong)

Lucas Moura menjadi pemain ketiga Brasil yang mencetak hattrick di Champions League musim ini.

Hattrick yang dicetaknya berhasil membawa ​Spurs lolos ke final Champions League dan akan behadapan dengan Liverpool di laga puncak tersebut.

Sumber:Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓