Sukses

MotoGP: Marquez Akui Sulit Berteman dengan Rossi

Marquez menilai pembalap MotoGP memiliki rivalitas sengit karena sama-sama memperebutkan gelar.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menyebut rivalitasnya dengan Valentino Rossi di arena MotoGP sebagai hal lumrah. Dia menilai keduanya sulit berteman karena sama-sama memperebutkan gelar. 

Tak hanya titel, Marquez juga berpeluang mematahkan rekor-rekor bergengsi yang dipegang Rossi. Salah satunya adalah jumlah gelar dunia. Saat ini, Marquez memiliki tujuh gelar. Dia akan menyamai Rossi jika menjadi juara dunia dua kali lagi. 

"Karier saja berjalan dengan sangat baik. Sejak 2010, saya hanya dua kali gagal juara, yakni kalah dari Stefan Bradl di Moto2 2011, dan Jorge Lorenzo di MotoGP 2015. Ini tahun-tahun yang menakjubkan, tapi saya tak memikirkan rekor," ungkap rider asal Cervera, Spanyol ini.

"Saya lebih fokus pada gelar juara. Ini cara yang tepat untuk fokus di setiap musim dan melaju lebih cepat. Target saya adalah juara setiap tahun. Itulah cara menjaga momentum, dan itulah mentalitas yang tepat, hingga Anda termotivasi," lanjutnya. 

Marquez mengaku lega kini ia dan Rossi kembali berbaikan usai insiden tabrakan yang terjadi di Argentina tahun lalu. Meski begitu, dia menyadari hubungan mereka takkan bisa sedekat dulu lagi, yakni sebelum Rossi menuduhnya membantu Lorenzo merebut gelar MotoGP pada 2015 lalu.

"Hubungan dengan Vale baik-baik saja. Pada akhirnya, yang terpenting adalah hasil di lintasan. Rivalitas adalah hal normal, dan ini berlaku pada semua rider. Jika seorang rider menjadi rival utama Anda dalam perebutan gelar, ia tak bisa jadi teman Anda. Tapi hubungan saya dengan Vale baik-baik saja dan profesional," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Perlu Bermusuhan 

Marquez juga menyatakan, ada kalanya para rider tak perlu sampai bermusuhan di luar lintasan ketika sama-sama memperebutkan gelar. Hal inil ia alami dengan Bradl dalam perebutan gelar dunia Moto2 2011. Keduanya nyaris tak pernah cekcok, dan kini bahkan bekerja sama mengembangkan RC213V karena Bradl menjabat sebagai test rider Honda.

"Saat bersaing dengan Stefan, kami tak bertarung wheel-to-wheel dan tak punya hubungan buruk. Meski ada ketegangan, kami tetap saling menghormati. Ini juga berlaku di MotoGP. Jika Anda punya rival berat dalam perebutan gelar, wajar saja ada ketegangan, karena dua rider mengejar target yang sama, keduanya pasti ingin jadi juara," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Posisi Klasemen

Saat ini Marquez ada di puncak klasemen pembalap dengan koleksi 70 poin dan Rossi duduk di peringkat keempat dengan 61 poin. Keduanya akan kembali bertemu di lintasan dalam MotoGP Le Mans, Prancis pada 17-19 Mei mendatang.

 

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.