5 Pemain Veteran yang Masih Siap Unjuk Gigi di Shopee Liga 1 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 14 Mei 2019, 00:00 WIB
Diperbarui 14 Mei 2019, 01:17 WIB
Trivia Pemain Tua yang Mencari Peruntungan di Liga 1 2019

Jakarta - Pemain-pemain veteran masih akan beraksi di Shopee Liga 1 2019. Ya, beberapa pemain senior masih akan berjibaku pada kompetisi musim ini.

Adanya persaingan dengan pemain yang lebih muda, juga kumpulan pemain asing berkualitas, tidak menyurutkan tekad mereka untuk tetap bermain. Apalagi, banyak yang mengandalkan pemasukan dari sepak bola. 

Shopee Liga 1 2019 segera bergulir. Partai PSS Sleman kontra Arema FC bakal menjadi pertandingan pembuka. Bentrok kedua kesebelasan bakal diadakan di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Rabu (15/5/2019).

Deretan pemain senior juga bakal menghiasi panggung liga kasta tertinggi Indonesia yang akan berlangsung 34 pekan hingga 22 Desember 2019. 

Bola.com merangkum lima pemain veteran yang masih eksis di Shopee Liga 1 2019. Siapa saja?

2 of 6

Herman Dzumafo (39 Tahun)

Piala Presiden 2019 : Bhayangkara FC Vs Mitra Kukar
Striker Bhayangkara FC, Herman Dzumafo, saat melawan Mitra Kukar pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Senin (11/3). Bhayangkara FC menang 2-1 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Herman Dzumafo masih belum habis. Bersama Bhayangkara FC pada Liga 1 musim lalu, penyerang kelahiran Kamerun ini mampu mengemas 11 gol dari 33 pertandingan.

Penampilan ciamiknya berhadiah kontrak baru dari Bhayangkara FC. Kendati usianya telah 39 tahun, Dzumafo masih kuat menari-nari di atas rumput hijau.

3 of 6

Alberto Goncalves (38 Tahun)

Alberto "Beto" Goncalves
Striker tim nasional Indonesia, Alberto "Beto" Goncalves, saat menghadapi Filipina pada laga Grup B Piala AFF 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Alberto Goncalves masih berambisi kendati usianya tak mampu dibohongi. Pada usia 38 tahun, penyerang berdarah Brasil ini memilih untuk bergabung dengan Madura United yang membentuk skuat bertabur bintang untuk Liga 1 2019.

Beto yang kini berpaspor Indonesia akan berusia 39 tahun pada 31 Desember 2019. Liga 1 musim ini bakal menjadi ujian bagi kariernya, apakah masih tetap produktif atau melempem tergerus usia.

Beto merupakan striker yang tokcer di depan gawang lawan. Saat memperkuat Sriwijaya FC pada dua musim lalu, Beto berhasil membukukan 33 gol dari 58 laga.

Kita nantikan saja kiprahnya di Madura United.

4 of 6

I Made Wirawan (37 Tahun)

I Made Wirawan
Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan saat melawan PS TNI pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (22/4/2017). PS TNI bermain imbang 2-2. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

I Made Wirawan akan mengarungi tahun ketujuhnya bersama Persib Bandung. Memasuki usia ke-37, mantan kiper Persiba Balikpapan itu masih bersemangat jatuh bangun di depan gawang.

Made memang bukan lagi pilihan utama Persib. Penjaga gawang kelahiran Gianyar, Bali ini kalah bersaing dari Muhammad Natshir. Pemain yang akan berusia 38 tahun pada 1 Desember 2019 tersebut hanya mencatatkan delapan penampilan pada musim lalu.

5 of 6

Ismed Sofyan (39 Tahun)

Ismed Sofyan
Kapten Persija Jakarta Ismed Sofyan (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Entah mau sampai kapan Ismed Sofyan menggiring bola. Pada usianya yang ke-39 tahun, bek Persija Jakarta itu masih terus mengejar pemain lawan di sisi sayap.

Untuk kesekian kalinya, Ismed masih berstatus bek sayap kanan proritas Persija. Perannya tak tergantikan di tim ibu kota. Buktinya, pemain asal Aceh ini berhasil mengoleksi 25 laga sepanjang Liga 1 2018.

6 of 6

Bambang Pamungkas (38 Tahun)

Persija Jakarta Vs Mitra Kukar
Striker Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, mengangkat piala usai mengalahkan Mitra Kukar pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu (9/12). Persija menang 2-1 atas Mitra. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bambang Pamungkas belum mau pensiun dari dunia sepak bola. Diyakini akan gantung sepatu seusai membawa Persija Jakarta juara Liga 1 pada musim lalu, penyerang berkharismatik ini malah memperpanjang kontraknya bersama tim ibu kota.

Namun, seiring bertambahnya usia, ketajaman Bambang perlahan mulai hilang. Pada musim lalu misalnya, pemain yang akrab dipanggil Bepe ini hanya membuat sebiji gol dari 13 penampilan.

Akan tetapi, sosok Bepe memiliki pengaruh cukup besar di skuat Macan Kemayoran. Ia merupakan pemain yang dikagumi oleh rekan setim dan tentu saja The Jakmania.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by