Sukses

Aksi Vettel Bantu Hamilton Juara Formula 1 GP Spanyol

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton meraih kemenangan di Formula 1 GP Spanyol, Minggu (12/5/2019).

Liputan6.com, Montmelo - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton meraih kemenangan di Formula 1 GP Spanyol, Minggu (12/5/2019). Dia mengungguli rekan setimnya, Valtteri Bottas sejauh 4,074 detik.

Namun, pembalap Ferrari, Sebastian Vettel merasa dirinya telah membantu Hamilton meraih kemenangan di Formula 1 GP Spanyol. Vettel mendapat tarikan slipstream dari Bottas saat berada di tikungan pertama.

Ketika Vettel ingin menyalip dua Mercedes dari sisi paling luar, dirinya telah melakukan pengereman. Alhasil, ban depan sebelah kanannya mengunci.

"Saya menjadi yang paling telat mengerem, dan saya pikir itu sudah saya lakukan. Jelas, Valtteri Bottas juga telat mengerem, jadi saya tidak bisa masuk," kata Vettel, seperti dikutip dari Motor Sport.

"Saya melihat Bottas juga telat mengerem, dan jika saya mencoba berbelok, yang sebenarnya bisa saya lakukan, dia tidak akan memiliki ruang, dan saya harus bergerak ke arah yang lain, jadi ini tidak berhasil," ujar pria yang harus finis di posisi keempat pada Formula 1 GP Spanyol itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untungkan Hamilton

Menurut Vettel, hal itu membantu Hamilton. Sebab, Bottas yang berada di tengah, di antara Hamilton dan Vettel, lebih fokus mencegah masuknya pembalap Ferrari itu mengambil alih posisi.

"Pada akhirnya, saya malah membantu Lewis Hamilton karena saya mengganggu perhatian Bottas. Sudah jelas saya tidak bisa memenangi balapan di tikungan pertama, tetapi saya melihat ada kesempatan yang layak untuk dicoba."

"Saya mencobanya tetapi tidak berhasil, tetapi saya sempat berharap itu mungkin bisa meramaikan persaingan, demi saya dan Anda juga!," ucap Vettel.

 

3 dari 3 halaman

Kesulitan

Vettel menjalani stint pertama yang sulit, dan akhirnya harus memberikan jalan kepada rekan setimnya, Charles Leclerc. Setelah mengganti ban, laju Vettel membaik dan akhirnya bisa finis di depan pembalap Monako itu.

"Jelas balapan saya sedikit dikacaukan oleh stint pertama saya. Kami tidak memiliki banyak lap di mana saya bisa memaksimalkan potensi mobil. Saya pikir kami akan tampil kuat di stint pertama dengan kompon soft. Menurut saya, Charles melakukan stint yang bagus, tetapi saya harus berurusan dengan masalah flatspot, jadi saya kehilangan cukup banyak waktu," ujarnya megakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini