4 Kiper Terbaik Liga Inggris: David De Gea Kalah Saing dari Kiper Timnas Filipina

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 13 Mei 2019, 19:00 WIB
FOTO: Manchester United Tutup Akhir Musim dengan Kekalahan

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City keluar sebagai juara Liga Inggris musim ini. The Citizen, julukan Manchester City, berhasil mempertahankan gelar yang mereka raih di musim sebelumnya.

Di pertandingan terakhir Liga Inggris, Manchester City mencatatkan kemenangan telak 4-1 atas Brighton & Hove Albion di The American Express Community Shield. Dalam laga itu, The Citizen sempat tertinggal melalui sundulan Glenn Murray pada menit ke-27.

Namun, tum asuhan Pep Guardiola itu mampu membalas empat gol melalui Sergio Aguero, Aymeric Laporte, Riyad Mahrez, dan Ilkay Gundogan.

Kemenangan tersebut membuat Manchester City juara Liga Inggris dengan mengemas 98 poin. The Citizen unggul tipis, satu poin dari Liverpool.

Keberhasilan The Citizen menjadi juara Liga Inggris tak terlepas dari ketangguhan sosok Ederson. Kiper asal Brasil itu mencatatkan 20 clean sheet. Dia juga melakukan 58 penyelamatan di bawah gawang Manchester City.

Selain Ederson, ada empat kiper lain yang sangat tangguh di Liga Inggris musim ini. Siapa saja mereka? Simak di halaman berikutnya.

 

2 of 5

Alisson

Kiper Liverpool, Alisson Becker
Kiper Liverpool, Alisson Becker. (AFP/Oli Scarff)

Alisson Becker menjadi kiper terbaik di Liga Inggris musim ini. Penjaga gawang milik Liverpool itu mencatatkan 21 clean sheet di Liga Inggris musim ini, dia unggul satu angka dari kiper Manchester City, Ederson.

Namun, jumlah clean sheet Alisson musim ini masih kalah dari kiper legendaris The Reds, Ray Clemence, yang mencetak 28 clean sheet di Liga Inggris pada 1978/79.

Kiper asal Brasil itu juga melakukan 76 penyelamatan di bawah mistar gawang Liverpool. Sayangnya, dia gagal membawa tim asuhan Jurgen Klopp menjadi juara Liga Inggris setelah kalah satu poin dari Manchester City.

 

3 of 5

Lukasz Fabianski

Liverpool, West Ham, Premier League
Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum, berusaha melewati kiper West Ham, Lukasz Fabianski, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Minggu (12/8/2018). Liverpool menang 4-0 atas West Ham. (AP/David Davies)

Kiper West Ham United, Lukasz Fabianski masuk dalam penjaga gawang tangguh Liga Inggris musim ini. Dia tercatat melakukan 148 penyelamatan di bawah mistar gawang West Ham United.

Mantan kiper Arsenal itu mencatatkan tujuh clean sheet dari 38 pertandingan musim ini. Jumlah itu lebih banyak dari kiper Arsenal saat ini, Bernd Leno, yang mendapat enam clean sheet.

Fabianski juga berhasil menyelamatkan gawangnya dari tendangan penalti sebanyak sekali. Dia juga melakukan 17 tinjuan untuk mengamankan gawang West Ham United. Dia kebobolan 55 gol.

 

 

4 of 5

Neil Etheridge

Neil Etheridge
Kiper Cardiff City, Neil Etheridge, dipanggil menjalani TC Timnas Filipina jelang Piala AFF 2018. (AFP/Oli Scarff)

Cardiff City boleh saja terdegradasi ke Divisi Championship. Namun, mereka punya kiper kelas dunia, Neil Etheridge. Pada Liga Inggris musim ini, dia mencatatkan 141 penyelamatan di bawah mistar gawang Cardiff City.

Catatan yang dibuat kiper Timnas Filipina itu juga lebih baik dari penjaga gawang Manchester United (MU), David De Gea, yang melakukan 122 penyelamatan.

Dalam urusan clean sheet, Neil Etheridge juga lebih baik dari De Gea, yang pernah disebut sebagai kiper terbaik dunia. Neil Etheridge mendapat 10 clean sheet, sedangkan De Gea hanya tujuh.

Ketangguhannya membuat Cardiff City berhasil mempermalukan MU di Old Trafford pada laga terakhir Liga Inggris, Minggu, 13 Mei 2019. Neil Etheridge melakukan 10 penyelamatan yang membuat Cardiff City menang 2-0 atas MU.

 

5 of 5

Kepa Arrizabalaga

Pembelian Pesepak Bola Termahal Chelsea
Kepa Arrizabalaga. (AFP/Ben Stansall)

Usianya masih 24 tahun, tapi Kepa Arrizabalaga sangat tangguh mengawal gawang Chelsea. Dari 36 pertandingan Liga Inggris musim ini, dia mencetak 14 clean sheet dan 82 penyelamatan.

Kepa Arrizabalaga juga menggagalkan sebuah tendangan penalti lawan. Dia juga melakukan 10 tinjuan untuk mengamankan gawang tim asuhan Maurizio Sarri.

Kiper asal Spanyol itu juga membantu Chelsea kembali ke Liga Champions dengan finis di posisi ketiga. Selain itu, Kepa Arrizabalaga juga membawa Chelsea ke final Liga Europa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓