Sukses

Robin van Persie Resmi Gantung Sepatu

Robin van Persie sempat bersinar bersama Arsenal dan Manchester United (MU).

Liputan6.com, Jakarta Robin van Persie mengakhiri karier profesionalnya sebagai pemain sepak bola. Mantan pemain Manchester United dan Arsenal itu memutuskan gantung sepatu di usia 35 tahun. 

Pertandingan terakhir Van Persie berlangsung, Minggu (13/5/2019). Sayang duel perpisahan ini tidak berakhir dengan kemenangan. Sebaliknya, Feyenoord, tim yang kembali diperkuat Robin Van Persie sejak Januari 2018 tersebut dipaksa menyerah 0-2 oleh ADO Den Haag. 

Feyenoord sebenarnya masih akan tampil pada final Piala KNVB, Rabu ini. Namun Van Persie yang mengemas 16 gol dari 25 laga musim ini memutuskan tidak tampil. Duel ini semula dijadwalkan pada 28 April, tapi diundur demi memberi kesempatan kepada Ajax Amsterdam mempersiapkan diri menghadapi Tottenham Hotspur di Liga Champions Eropa. 

Van Persie merupakan salah satu striker terbaik yang dimiliki Belanda. Sampai saat ini, Van Persie masih top scorer sepanjang masa Belanda dengan torehan 50 gol dari 102 laga. 

Dia ikut ambil bagian saat Belanda lolos ke final Piala Dunia 2010. Van Persie juga masih dipercaya menjadi ujung tombak tim Oranye empat tahun kemudian. Pada Piala Dunia yang berlangsung di Brasil tersebut, Belanda hanya mampu finis di urutan ketiga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiprah di Klub

Pada tahun 2004 lalu, Van Persie meninggalkan klub masa kecilnya, Feyeenord untuk bergabung dengan Arsenal. Namun selama delapan musim memperkuat The Gunners, pemain kelahiran 6 Agustus 1983 itu hanya merasakan satu gelar bergengsi, yakni Piala FA. 

Dia kemudian pindah ke Manchester United (MU) pada tahun 2012. Bersama Setan Merah, Van Persie akhirnya merasakan gelar Premier League di musim terakhir Sir Alex Ferguson. 

Sebelum kembali memperkuat Feyeenord sejak Januari 2018 lalu, Van Persie sempat memperkuat tim Turki, Fenerbahce selama tiga musim sejak 2015. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.