Sukses

3 Faktor yang Bisa Gagalkan Messi Raih Ballon d'Or

Messi dan Ronaldo telah mendominasi sepakbola dunia lebih dari satu dekade dengan kemampuan luar angkasa mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Ballon d'Or adalah penghargaan individu paling bergengsi dalam sepakbola. Beberapa pemain sepak bola terbaik dunia bertarung setiap musim untuk mendapatkan penghargaan itu.

Luka Modric telah mengklaimnya pada 2018 setelah memberikan beberapa pertunjukan sensasional untuk klub dan negaranya. Modric memainkan peran penting bagi Real Madrid ketika mereka memenangkan Liga Champions lagi dan dia juga membantu Kroasia mencapai final Piala Dunia FIFA.

Meskipun Modric melanggar duopoly Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam penghargaan individu, sulit untuk berbicara tentang Ballon d'Or tanpa mereka. Messi dan Ronaldo telah mendominasi sepakbola dunia lebih dari satu dekade dengan kemampuan luar angkasa mereka.

Dan, mereka telah memenangkan penghargaan masing-masing lima kali. Di musim saat ini, Messi sejauh ini menjadi pemain terbaik dan tetap menjadi favorit besar untuk memenangkan penghargaan untuk rekor ke-6 kalinya.

Pemain berusia 31 tahun ini telah secara konsisten membuktikan bahwa ia berada di level lain dengan menampilkan kinerja yang luar biasa hampir setiap minggu. Berkat Messi, Barcelona mengamankan gelar liga dengan beberapa pertandingan tersisa dan Messi juga memainkan peran yang menentukan ketika raksasa Catalan mencapai final Copa Del Rey.

Jenius Argentina memimpin perlombaan untuk Sepatu Emas Eropa dengan 34 gol dan juga memimpin grafik penilaian Liga Champions dengan 12 gol. Namun, masih ada beberapa kendala yang dapat mencegah Messi dari mengangkat penghargaan meskipun memiliki kampanye individu bintang.

Ada tiga hal yang dapat menghambat peluang Messi untuk memenangkan Ballon d'Or tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kegagalan di Copa America

Setelah kampanye Piala Dunia yang buruk, Messi mengambil istirahat dari tampil untuk tim nasionalnya. Kembalinya ke Argentina tahun ini dirusak oleh kekalahan yang tidak menginspirasi melawan Venezuela dan cederanya.

Sangat jelas bahwa Argentina belum membaik banyak dan albiceste tidak akan mulai sebagai favorit di turnamen Copa America mendatang.

Sementara Messi memenangkan banyak trofi bersama Barcelona, satu trofi utama bersama tim nasionalnya tetap menjadi kryptonite-nya. Kapten Blaugrana akan memiliki kesempatan lain untuk memenangkan sesuatu dengan Argentina, tetapi jelas, chemistry tim tidak seperti yang dimiliki Barcelona.

Ini akan menjadi tugas berat bagi Messi untuk memenangkan Copa America setelah kegagalan yang konsisten di masa lalu. Kegagalan besar lainnya dengan tim nasionalnya akan menghambat peluangnya memenangkan Ballon d'Or.

3 dari 4 halaman

Bangkitnya Virgil van Dijk

Meskipun saingan berat Messi, Cristiano Ronaldo, tetap menjadi pesaing utama untuk penghargaan ini, ada persaingan ketat dari banyak bintang saat ini. Ancaman utama terhadap pencarian Lionel Messi untuk Ballon d'Or adalah Virgil van Dijk tetapi orang tidak dapat mengabaikan orang-orang seperti Kylian Mbappe dan Mohamed Salah, yang tidak jauh di belakang.

Bek tengah Belanda memenangkan pemain pemain PFA tahun ini dan itu menggambarkan betapa pentingnya van Dijk bagi Liverpool musim ini. The Reds hanya kebobolan 22 gol dalam Liga Inggris sejauh ini, yang merupakan rekor pertahanan terbaik saat ini.

Dampak van Dijk telah menjadi kunci bagi Liverpool, yang berada di urutan kedua dalam tabel liga dan mereka juga berada di final Liga Champions.

Meskipun menderita larangan tiga pertandingan di papan atas Prancis, Kylian Mbappe tetap menjadi pesaing terdekat Lionel Messi dalam hal statistik. Mbappe berada di urutan kedua dalam perebutan Sepatu Emas Eropa dengan 30 gol liga dan ia telah mengamankan gelar Ligue 1 untuk PSG.

Sementara itu, Salah telah mencetak 26 gol dan 13 assist di semua kompetisi dan dia akan membuat kasus besar untuk dirinya sendiri, jika Liverpool memenangkan Liga Champions atau gelar Liga Premier.

4 dari 4 halaman

Kegagalan Eropa

Kita semua telah melihat beberapa serangan sensasional dalam kampanye Liga Champions UEFA musim ini. Boleh dibilang, yang paling mengejutkan dari mereka adalah kekalahan Barcelona 4-0 melawan Liverpool di leg kedua semifinal yang membantu The Reds lolos ke putaran final kompetisi.

Ini adalah tahun kedua berturut-turut di mana raksasa Catalan gagal mempertahankan keunggulan tiga gol di babak sistem gugur Liga Champions.

Barcelona yang dipimpin oleh Messi masih berada di jalur untuk ganda domestik setelah telah mengamankan gelar liga. Tetapi kita telah melihat dalam beberapa tahun terakhir bahwa keberhasilan domestik tidak cukup bagi pemain untuk memenangkan Ballon d'Or. Di sisi lain, keberhasilan di Liga Champions mutlak diperlukan.

Tak perlu dikatakan bahwa Liga Champions memainkan peran utama dalam menentukan pemenang Ballon d'Or. Bahkan, pemenang penghargaan dalam lima tahun terakhir telah memenangkan Liga Champions dengan klub masing-masing. Kegagalan bencana lain di Liga Champions kampanye ini jelas akan memiliki efek dan menghambat peluang Messi untuk mengangkat Ballon d'Or ke-6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.