Prediksi Liverpool vs Wolverhampton Wanderers: Penentuan Nasib The Reds

Oleh Rizki Hidayat pada 12 Mei 2019, 11:35 WIB
Liverpool Vs Wolverhampton Wanderers

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akan menjamu Wolverhampton Wanderers pada laga pekan terakhir Liga Inggris 2018-19 di Stadion Anfield, Minggu (12/5/2019). Laga ini menjadi penentuan nasib The Reds dalam menjuarai liga 2018-2019.

Saat ini, Liverpool masih berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 94. Mereka tertinggal satu poin dari Manchester City yang menempati posisi teratas.

Dengan pertandingan yang menyisakan satu laga lagi, kemenangan atas Wolverhampton menjadi hal wajib bagi Liverpool jika ingin meraih trofi juara di era Liga Inggris untuk pertama kalinya.

Akan tetapi, nasib skuat Si Merah merengkuh gelar juga ditentukan pertandingan Manchester City kontra Brighton pada hari yang sama, di The American Express Community Stadium.

Andai mengalahkan Brighton, The Citizens yang akan merengkuh trofi sekaligus mempertahankan gelar Liga Inggris.  Namun, jika Manchester City ditahan atau bahkan kalah dari The Seagulls, Liverpool yang berhak atas trofi juara dan menyudahi puasa gelar di liga selama 29 tahun.

 

2 of 5

Berharap Mukjizat

Liverpool Vs Wolverhampton Wanderers
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, berusaha melewati pemain Wolverhampton Wanderers pada laga Piala FA di Stadion Molineux, Senin (7/1). Liverpool takluk 1-2 dari Wolverhampton Wanderers. (AP/Rui Vieira)

Melakoni duel kontra Wolverhampton Wanderers, Liverpool sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Pasalnya, mereka berhasil lolos ke final Liga Champions setelah menyingkirkan raksasa Spanyol, Barcelona, dengan agregat 4-3.

Pada leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, 1 Mei 2019, mereka kalah 0-3 dari El Barca. Namun, dalam pertemuan kedua di Stadion Anfield, 7 Mei 2019, Liverpool secara mengejutkan berhasil bangkit dan membungkam Los Cules dengan skor 4-0.

The Reds pun berharap mukjizat kembali terulang pada akhir pekan ini. Kemenangan atas Wolverhampton, sedangkan di sisi lain Manchester City takluk dari Brighton, akan membuat The Reds ke puncak klasemen sekaligus keluar sebagai juara Premier League musim ini.

"Ini adalah pekan penuh mukjizat bagi kami, di mana kami mendapatkan momen sepak bola yang luar biasa. Dari sudut pandang kami, jika kami bisa mendapatkan momen besar pada akhir pekan nanti, itu akan sangat bagus," ujar manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

"Pekan ini masih belum berakhir. Pertandingan pada hari Minggu masih masuk hitungan, di mana kami akan berjuang untuk itu. Namun, kami tahu tidak ada yang berubah jelang pertandingan ini," papar Klopp.

3 of 5

Tim Serigala Kerap Merepotkan

Liverpool
Liverpool menelan kekalahan 1-2 dari Wolverhampton Wanderers pada laga putaran ketiga Piala FA, di Molineux Stadium, Senin (7/1/2018). (AP Photo/Rui Vieira)

Meski bertekad mendulang tiga poin penuh, Liverpool diprediksi tidak akan mudah mengalahkan Wolverhampton Wanderers. Sebab, dari empat pertemuan terakhir, The Reds meraih dua kemenangan dan menelan dua kekalahan dari The Wolves. 

Selain itu, Wolverhampton juga sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Mereka belum menelan kekalahan dalam empat pertandingan terakhir, dengan rincian tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Klub asuhan Nuno Espirito Santo itu pun bertekad untuk melanjutkan tren apik tersebut, sekaligus membuyarkan mimpi Liverpool mengakhiri penantian menjuarai liga yang telah berlangsung selama hampir tiga dekade.

"Para pemain sadar akan pertandingan dan mereka ingin bersaing seperti biasa. Kami tidak memikirkan hal-hal lain. Kami mempersiapkan diri dengan cara persis sama seperti yang selalu kami lakukan," ujar Espirito Santo.

"Tidak ada pengecualian. Tidak ada pertandingan di mana kami tidak mempersiapkan diri dengan cara yang sama, dengan detail yang sama, dan pendekatan yang sama, jadi kami tidak akan mengubah hal itu pada pertandingan terakhir musim ini," paparnya.

4 of 5

Prakiraan susunan pemain:

Wolverhampton Wanderers vs Liverpool
Bek Wolverhampton Wanderers, Matt Doherty dan striker Liverpool, Divock Origi mengejar bola pada laga putaran ketiga Piala FA di Molineux Stadium, Senin (7/1). Liverpool tersingkir dari Piala FA setelah takluk 1-2 dari Wolverhampton (Paul ELLIS/AFP)

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi, Sadio Mane.

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Wolverhampton Wanderers (3-5-2): Rui Patricio; Ryan Bennett, Conor Coady, Willy Boly; Matt Doherty, Leander Dendoncker, Ruben Neves, Joao Moutinho, Jonny; Raul Jimenez, Diogo Jota.

Manajer: Nuno Espirito Santo (Portugal)

5 of 5

Statistik dan Catatan Pertemuan Kedua Tim

Wolverhampton Wanderers vs Liverpool
Pemain Wolverhampton Wanderers, Raul Jimenez mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga putaran ketiga Piala FA di Molineux Stadium, Senin (7/1). Liverpool tersingkir dari Piala FA setelah takluk 1-2 dari Wolverhampton Wanderers. (AP/Rui Vieira)

Head to head kedua tim:

  • 08/01/19 Wolverhampton Wanderers 2 - 1 Liverpool (Piala FA)
  • 22/12/18 Wolverhampton Wanderers 0 - 2 Liverpool (Premier League)
  • 28/01/17 Liverpool 1 - 2 Wolverhampton Wanderers (Piala FA)
  • 01/02/12 Wolverhampton Wanderers 0 - 3 Liverpool (Premier League)
  • 24/09/11 Liverpool 2 - 1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Liverpool:

  • 21/04/19 Cardiff City 0 - 2 Liverpool (Premier League)
  • 27/04/19 Liverpool 5 - 0 Huddersfield Town (Premier League)
  • 02/05/19 Barcelona 3 - 0 Liverpool (Liga Champions)
  • 05/05/19 Newcastle United 2 - 3 Liverpool (Premier League)
  • 08/05/19 Liverpool 4 - 0 Barcelona (Liga Champions)

Lima pertandingan terakhir Wolverhampton Wanderers:

  • 3/04/19 Southampton 3 - 1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 20/04/19 Wolverhampton Wanderers 0 - 0 Brighton (Premier League)
  • 25/04/19 Wolverhampton Wanderers 3 - 1 Arsenal (Premier League)
  • 27/04/19 Watford 1 - 2 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 04/05/19 Wolverhampton Wanderers 1 - 0 Fulham (Premier League)

Persentase menang:

Liverpool 60 - 40 Wolverhampton Wanderers

Sumber: Berbagai sumber

 

Lanjutkan Membaca ↓