Sukses

Prediksi Liverpool vs Wolverhampton Wanderers: Penentuan Nasib The Reds

Nasib Liverpool merengkuh gelar juara Liga Inggris juga ditentukan pertandingan Manchester City melawan Brighton pada hari yang sama.

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akan menjamu Wolverhampton Wanderers pada laga pekan terakhir Liga Inggris 2018-19 di Stadion Anfield, Minggu (12/5/2019). Laga ini menjadi penentuan nasib The Reds dalam menjuarai liga 2018-2019.

Saat ini, Liverpool masih berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 94. Mereka tertinggal satu poin dari Manchester City yang menempati posisi teratas.

Dengan pertandingan yang menyisakan satu laga lagi, kemenangan atas Wolverhampton menjadi hal wajib bagi Liverpool jika ingin meraih trofi juara di era Liga Inggris untuk pertama kalinya.

Akan tetapi, nasib skuat Si Merah merengkuh gelar juga ditentukan pertandingan Manchester City kontra Brighton pada hari yang sama, di The American Express Community Stadium.

Andai mengalahkan Brighton, The Citizens yang akan merengkuh trofi sekaligus mempertahankan gelar Liga Inggris.  Namun, jika Manchester City ditahan atau bahkan kalah dari The Seagulls, Liverpool yang berhak atas trofi juara dan menyudahi puasa gelar di liga selama 29 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berharap Mukjizat

Melakoni duel kontra Wolverhampton Wanderers, Liverpool sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Pasalnya, mereka berhasil lolos ke final Liga Champions setelah menyingkirkan raksasa Spanyol, Barcelona, dengan agregat 4-3.

Pada leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, 1 Mei 2019, mereka kalah 0-3 dari El Barca. Namun, dalam pertemuan kedua di Stadion Anfield, 7 Mei 2019, Liverpool secara mengejutkan berhasil bangkit dan membungkam Los Cules dengan skor 4-0.

The Reds pun berharap mukjizat kembali terulang pada akhir pekan ini. Kemenangan atas Wolverhampton, sedangkan di sisi lain Manchester City takluk dari Brighton, akan membuat The Reds ke puncak klasemen sekaligus keluar sebagai juara Premier League musim ini.

"Ini adalah pekan penuh mukjizat bagi kami, di mana kami mendapatkan momen sepak bola yang luar biasa. Dari sudut pandang kami, jika kami bisa mendapatkan momen besar pada akhir pekan nanti, itu akan sangat bagus," ujar manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

"Pekan ini masih belum berakhir. Pertandingan pada hari Minggu masih masuk hitungan, di mana kami akan berjuang untuk itu. Namun, kami tahu tidak ada yang berubah jelang pertandingan ini," papar Klopp.

3 dari 5 halaman

Tim Serigala Kerap Merepotkan

Meski bertekad mendulang tiga poin penuh, Liverpool diprediksi tidak akan mudah mengalahkan Wolverhampton Wanderers. Sebab, dari empat pertemuan terakhir, The Reds meraih dua kemenangan dan menelan dua kekalahan dari The Wolves. 

Selain itu, Wolverhampton juga sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Mereka belum menelan kekalahan dalam empat pertandingan terakhir, dengan rincian tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Klub asuhan Nuno Espirito Santo itu pun bertekad untuk melanjutkan tren apik tersebut, sekaligus membuyarkan mimpi Liverpool mengakhiri penantian menjuarai liga yang telah berlangsung selama hampir tiga dekade.

"Para pemain sadar akan pertandingan dan mereka ingin bersaing seperti biasa. Kami tidak memikirkan hal-hal lain. Kami mempersiapkan diri dengan cara persis sama seperti yang selalu kami lakukan," ujar Espirito Santo.

"Tidak ada pengecualian. Tidak ada pertandingan di mana kami tidak mempersiapkan diri dengan cara yang sama, dengan detail yang sama, dan pendekatan yang sama, jadi kami tidak akan mengubah hal itu pada pertandingan terakhir musim ini," paparnya.

4 dari 5 halaman

Prakiraan susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi, Sadio Mane.

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Wolverhampton Wanderers (3-5-2): Rui Patricio; Ryan Bennett, Conor Coady, Willy Boly; Matt Doherty, Leander Dendoncker, Ruben Neves, Joao Moutinho, Jonny; Raul Jimenez, Diogo Jota.

Manajer: Nuno Espirito Santo (Portugal)

5 dari 5 halaman

Statistik dan Catatan Pertemuan Kedua Tim

Head to head kedua tim:

  • 08/01/19 Wolverhampton Wanderers 2 - 1 Liverpool (Piala FA)
  • 22/12/18 Wolverhampton Wanderers 0 - 2 Liverpool (Premier League)
  • 28/01/17 Liverpool 1 - 2 Wolverhampton Wanderers (Piala FA)
  • 01/02/12 Wolverhampton Wanderers 0 - 3 Liverpool (Premier League)
  • 24/09/11 Liverpool 2 - 1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Liverpool:

  • 21/04/19 Cardiff City 0 - 2 Liverpool (Premier League)
  • 27/04/19 Liverpool 5 - 0 Huddersfield Town (Premier League)
  • 02/05/19 Barcelona 3 - 0 Liverpool (Liga Champions)
  • 05/05/19 Newcastle United 2 - 3 Liverpool (Premier League)
  • 08/05/19 Liverpool 4 - 0 Barcelona (Liga Champions)

Lima pertandingan terakhir Wolverhampton Wanderers:

  • 3/04/19 Southampton 3 - 1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 20/04/19 Wolverhampton Wanderers 0 - 0 Brighton (Premier League)
  • 25/04/19 Wolverhampton Wanderers 3 - 1 Arsenal (Premier League)
  • 27/04/19 Watford 1 - 2 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 04/05/19 Wolverhampton Wanderers 1 - 0 Fulham (Premier League)

Persentase menang:

Liverpool 60 - 40 Wolverhampton Wanderers

Sumber: Berbagai sumber

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.