Sukses

Ada Peran Southampton di Final Liga Champions Musim Ini

Final Liga Champions musim ini mempertemukan Tottenham Hotspur vs Liverpool, di mana keduanya memiliki sejumlah pilar yang pernah membela Southampton.

Liputan6.com, London - Final Liga Champions 2018-2019 mempertemukan Tottenham Hotspur melawan Liverpool dalam laga yang berlangsung di Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB.

Pertemuan dua klub Liga Inggris ini menjadi yang kedua dalam sejarah Liga Champions. Sebelumnya ada Chelsea kontra Manchester United di final Liga Champions 2007-2008 di Moskow.

Tottenham dan Liverpool sama-sama mampu mengejutkan di laga leg kedua semifinal Liga Champions musim ini. Comeback sensasional dilakukan kedua tim ini untuk mengamankan tiket ke partai puncak.

Di balik sukses Tottenham dan Liverpool melaju ke final Liga Champions musim ini, ternyata ada peran klub Liga Inggris lainnya. Adalah Southampton yang turut andil di skuat The Lilywhites serta The Reds.

Sebut saja nama Pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino, diketahui pernah menangani Southampton pada musim 2013-214. Baru setelah itu pelatih asal Argentina ini melatih Tottenham.

Pochettino dinilai sosok di balik konsistensi Tottenham finis empat besar di Liga Inggris. Pochettino juga pelatih yang berhasil membawa sejumlah pemain bersinar dengan seragam Tottenham.

Tiga pilar Tottenham saat ini juga sebelumnya pernah membela Southampton. Mereka adalah Toby Alderweireld, Victor Wanyama, dan Paulo Gazzaniga.

Alderweireld dan Wanyama merupakan andalan klub London Utara ini di lapangan. Kontribusi keduanya cukup besar untuk Tottenham finis empat besar di Liga Inggris dan lolos ke final Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kubu Liverpool

Sementara itu di Liverpool terdapat lebih banyak jebolan Southampton. Bahkan, pernah muncul lelucon bahwa The Saints (julukan Southampton) seperti merupakan akademi Liverpool.

Jenderal lini belakang The Reds, Virgil van Dijk, dibeli Liverpool dari Southampton pada Januari 2018. Demikian juga bek tengah lainnya, Dejan Lovren, pernah semusim berseragam Southampton, sebelum dibajak Liverpool.

Sadio Mane menjelma menjadi pemain penting Liverpool setelah mereka memboyongnya dari Southampton pada musim panas 2016. Andil Mane sangat besar dalam membuat klub Merseyside ini bersaing di papan atas.

Kemudian, terdapat dua pemain asal Inggris milik Liverpool yang pernah memperkuat The Saints yakni Adam Lallana dan Alex Oxlade- Chamberlain. Malah, Lallana dan Oxlade- Chamberlain adalah jebolan akademi Southampton yang terkenal itu.

3 dari 3 halaman

Reuni Southampton

Reuni Southampton di final Liga Champions 2018/2019

Tottenham Hotspur: Mauricio Pochettino- Toby Alderweireld- Victor Wanyama- Paulo Gazzaniga

Liverpool: Virgil van Dijk- Dejan Lovren- Alex Oxlade-Chamberlain- Adam Lallana- Sadio Mane.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.