Tembus Semifinal Liga Champions, Barcelona Bayar Rp 80 Miliar ke Liverpool

Oleh Aditya Wicaksono pada 10 Mei 2019, 19:25 WIB
Tujuh Gol Tercipta kontra Sevilla, Barcelona Lolos ke Semifinal Copa Del Rey

Jakarta Barcelona wajib membayarkan uang sebesar 4,3 juta pound (sekitar Rp 80 miliar) kepada Liverpool sebagai bagian dari klausul pembelian Philippe Coutinho. Hal itu berkaitan dengan pencapaian Barcelona di Liga Champions musim ini.

Musim ini merupakan musim perdana Coutinho membela Barcelona di Liga Champions. Meskipun dinilai sebagai pembelian gagal, Coutinho tetap menjadi bagian skuat yang mengantarkan Barcelona ke semifinal Liga Champions.

Hal itu mengaktifkan klausul khusus ketika Barcelona memboyong Coutinho dari Liverpool. Klausul tersebut menyebutkan kalau Liverpool berhak mendapat tambahan bayaran sebesar 4,3 juta pound jika Barcelona mencapai babak perempat final Liga Champions.

Hasilnya, Barcelona dituntut untuk melakukan pembayaran tersebut. Hal itu membuat Barcelona seperti jatuh dan tertimpa tangga.

Liverpool merupakan klub yang mengubur impian Barcelona untuk meraih gelar Liga Champions pada musim ini. Blaugrana tersingkir setelah kalah 3-4 dari Th Reds dalam agregat total.

2 of 2

Phil Coutinho Siap Dijual

Barcelona Vs Manchester United
Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester United pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4). Barcelona menang 3-0 atas Manchester United. (AP/Joan Monfort)

Barcelona memboyong Coutinho dari Liverpool dengan harga mencapai 142 juta pound pada Januar 2018. Harga tersebut disebut sebagai harga yang pantas ketika itu, mengingat performa sensasional Coutinho bersama The Reds.

Namun setelah bermain untuk Barcelona, Coutinho gagal menunjukkan performa terbaiknya. Ia kerap memulai laga dari bangku pemain pengganti.

Coutinho juga dianggap tidak menunjukkan performa yang memukau ketika menghadapi Liverpool di Liga Champions. Hal itu membuat spekulasi kalau Barcelona siap melepasnya pada musim panas mendatang.

Sejauh ini, ada dua klub yang sudah menunjukkan minat kepada Coutinho, yaitu PSG dan Manchester United. Namun, kedua klub tersebut harus menyiapkan dana mencapai 105 juta pound untuk memboyong pemain asal Brasil tersebut.

Sumber: Metro

Lanjutkan Membaca ↓