Sukses

Kuasai Final Liga Champions dan Liga Europa, 4 Tim Inggris Ukir Sejarah

Empat tim dari Inggris bakal meramaikan partai puncak dua kompetisi antarklub paling elite di Benua Biru, yakni Liga Champions dan Liga Europa.

Liputan6.com, Jakarta Empat tim Inggris bakal tampil di final Liga Champions dan Liga Europa musim ini. Untuk kali pertama partai puncak kompetisi antarklub Benua Biru itu diisi oleh klub dari satu negara. 

Liverpool, Tottenham Hotspur, Chelsea, dan Arsenal, membawa Inggris menjadi negara pertama yang punya empat wakil pada final Liga Champions dan Liga Europa di musim yang sama. Sebelumnya, belum pernah ada negara Eropa lain yang pernah melakukan hal ini. 

Liverpool mengawali hegemoni tim Inggris usai mendepak Barcelona di babak semifinal Liga Champions, Rabu (8/5/2019). The Reds yang sempat tertinggal 0-3 di leg pertama membuktikan ketangguhannya saat menyambut Barcelona di Anfield pada leg kedua. 

Di leg kedua, Liverpool menang 4-0 dan lolos ke final Liga Champions dengan agregat 4-3. 

Keberhasilan pasukan Jurgen Klopp jadi inspirasi tim-tim Inggris lain yang berjuang menuju final. Tottenham Hotspur yang juga kalah 0-1 di leg pertama juga berhasil mengalahkan Kuda Hitam Ajax Amsterdam 3-2 pada leg kedua di Johan Cruijiff sehari kemudian. 

Berkat kemenangan ini, Spurs melaju ke final setelah unggul agresivitas gol tandang atas Ajax. Ini merupakan kali pertama tim asal London itu di final Liga Champions. 

Hasil ini juga menciptakan all england final di final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, 1 Juni 2019. Sebelumnya, Manchester United pernah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti pada final Liga Champions tahun 2008 lalu. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Berulang

Dari ajang Liga Europa, Arsenal tidak menemui kendala berarti menuju babak final. Usai menang 3-1 atas Valencia pada semifinal leg pertama, The Gunners kembali mengalahkan wakil Spanyol itu dengan skor 5-2 pada leg kedua di Estadio Mestalla, Kamis (10/5/2019). 

Perjuangan berat justru dilalui Chelsea saat bertemu Eintrecht Frankfurt leg kedua, Jumat dini hari WIB (10/5/2019). Setelah bermain imbang 1-1 pada leg pertama, The Blues kembali meraih skor yang sama pada leg kedua yang berlangsung di Stamford Bridge. 

The Blues akhirnya merebut tiket final dengan memenangkan adu penalti dengan skor 4-3. Selanjutnya, Chelsea akan bertemu Arsenal di Baki Olimpiya, Baku, 29 Mei 2019.

Ini jadi pertemuan sesama tim Inggris pertama di Liga Europa/UEFA Cup sejak Tottenham Hotspur mengalahkan Wolves dua leg di babak final edisi pertama kompetisi ini, 1972 lalu. 

 

 

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap

Semifinal Liga Champions

Barcelona vs Liverpool : 3-0 dan 0-4 (3-4)

Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam: 0-1 dan 3-2 (3-3)

Semifinal Liga Europa

Arsenal vs Valencia : 3-1 dan 2-4 (3-7)

Eintracht Frankfurt vs Chelsea : 1-1 dan 1-1 (adu penalti)

* Cetak miring lolos ke final

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.