Barcelona Tersingkir dari Liga Champions, Ronaldo Turut Salahkan Messi

Oleh Defri Saefullah pada 10 Mei 2019, 08:45 WIB
Top Scorer Liga Champions

Liputan6.com, Barcelona- Ronaldo Luis Nazario da Lima ikut menyalahkan Lionel Messi atas kegagalan Barcelona di Liga Champions. Bagi Ronaldo, Messi harus turut menanggung tanggung jawab baik saat dipuji karena menang atau dicaci karena kalah.

Messi nyaris menyempurnakan tahunnya dengan Barcelona musim ini. Namun kekalahan 0-4 dari Liverpool langsung mencoret segala hal fantastis yang dilakukan La Pulga dengan Barcelona musim ini. 

Pada dua leg semifinal Liga Champions melawan Liverpool, Messi tampil fantastis di leg pertama. Dia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 atas Liverpool, salah satunya lewat tendangan bebas.

Namun di leg kedua, Messi seperti menghilang. Dia beberapa kali lepas tembakan namun sialnya selalu ditepis oleh kiper Liverpool, Alisson Becker.

Kegagalan seperti ini menjadi kedua kalinya beruntun untuk Barcelona. Musim lalu, El Barca dipermalukan AS Roma dengan unggul gol tandang pada agregat 4-4. Sempat unggul 4-1 di leg pertama perempat final Liga Champions, Barcelona malah kalah 0-3.

 

 

2 of 3

Bukan Hanya Salah Coutinho

Liverpool Vs Barcelona
Striker Barcelona, Lionel Messi, tertunduk lesu usai ditaklukkan Liverpool pada laga semifinal Liga Champions 2019 di Stadion Anfield, Selasa (7/5). Liverpool menang 4-0 atas Barcelona. (AP/Dave Thompson)

Ronaldo berpendapat tidak adil kalau menyalahkan kekalahan Barcelona disebabkan oleh Philippe Coutinho. Dia meyakini pemain sekaliber Messi pun pantas disalahkan.

"Tidak adil kalau cari kambing hitam atas sebuah kekalahan. Saya lihat Barcelona punya tim hebat dan pemain terbaik di dunia, itu Messi," ujar Ronaldo seperti dikutip Goal.com.

"Di hari lain saya baca pemain lain dilupakan dan Barcelona menang karena Messi. Ini sebuah ketidakadilan yang sangat besar untuk pemain dan tim pelatih.

"Barcelona tim hebat yang diisi pemain dan pelatih hebat. Anda harus lebih hati-hati saat memberi kritikan," ujarnya, menambahkan.

3 of 3

Liverpool Lebih Punya Motivasi

Ronaldo meyakini Liverpool memang lebih pantas lolos ke final Liga Champions. The Reds disebutnya punya motivasi lebih.

"Liverpool punya motivasi lebih, intensitas dan keinginan. Di babak pertama, Barcelona punya peluang cetak gol yang mungkin mengubah segalanya," katanya.

"Liverpool pantas lolos. Mereka tunjukkan mereka kuat dan punya kecerdasan."

 

Lanjutkan Membaca ↓