Profil Tim Liga 1 2019: Bali United Mengusung Misi Juara

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 10 Mei 2019, 05:00 WIB
Bali United

Liputan6.com, Gianyar - Bali United melakukan sejumlah perubahan untuk menyambut Liga 1 2019. Karena itu, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu menatap kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini dengan kepercayaan diri tinggi.

Musim lalu menjadi periode yang buruk bagi Bali United. Setelah pada 2017 meraih posisi runner-up, performa Bali United anjlok dan finis di peringkat ke-11 pada klasemen akhir.

Padahal, materi pemain yang dimiliki Bali United bisa dibilang super untuk skala sepak bola Indonesia. Hal itulah yang membuat Bali United langsung berbenah.

Mendatangkan pelatih sekaliber Stefano Cugurra Teco, Bali United langsung mengusung misi juara. Target itu tak mustahil mengingat Teco adalah sosok yang berjasa memberikan dua gelar untuk Persija Jakarta pada 2018.

Teco membawa mantan anak-anak asuhnya dalam skuat juara Persija. Sebut saja Gunawan Dwi Cahyo, Michael Orah, dan Willian Pachecho yang merupakan mantan bek Persija 2017.

Persiapan Bali United memang tak sempurna menjelang Liga 1 2019. Stefano Lilipaly dkk. hanya mampu melaju sampai fase grup Piala Presiden 2019 dan terhenti di babak 8 besar Piala Indonesia 2018. Meski demikian, hal itu belum tentu menjadi ukuran untuk performa di kompetisi resmi.

Seperti apa skuat Bali United pada Liga 1 2019? 

2 of 4

Pelatih

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat melawan Mitra Kukar pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bali United menang 3-0 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bali United membuat gebrakan pada awal 2019 dengan merekrut pelatih Stefano Cugurra Teco. Berbekal dengan dua gelar Teco di Persija pada 2018, Bali United punya harapan besar.

Bersama Teco, Bali United perlahan menjelma menjadi tim yang tangguh. Sejauh ini, Bali United asuhan Teco meraih tujuh kemenangan dan baru kalah dua kali.

Tugas Teco tentu tak akan mudah. Pria asal Brasil itu harus mampu membantu Bali United lebih baik dari musim lalu, yang tercecer di peringkat ke-11 klasemen akhir Liga 1 2018.

3 of 4

Pemain Kunci

Para pemain Bali United merayakan gol yang dicetak oleh Melvin Platje ke gawang Mitra Kukar pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bali United menang 3-0 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly adalah gelandang tajam yang dimiliki Bali United. Pemain naturalisasi itu merupakan motor serangan Bali United yang siap merepotkan lini pertahanan lawan.

Lilipaly juga bisa diandalkan dalam urusan mencetak gol. Musim lalu, pemain berusia 29 tahun itu sukses mencetak 12 gol, jumlah terbanyak dalam semusim yang pernah dicapainya. Bukan tidak mungkin, Lilipaly siap menambah pundi-pundi golnya pada musim ini untuk Bali United.

Melvin Platje

Melvin Platje bergabung dengan Bali United pada 2018. Musim lalu, pemain asal Belanda itu hanya mendapatkan 18 kesempatan bermain, dan berhasil mencetak 10 gol.

Di bawah asuhan Stefano Cugurra Teco, Platje kembali menjelma menjadi penyerang berbahaya. Pada Piala Presiden 2019, pemain berusia 30 tahun itu mampu mencetak empat gol dalam tiga pertandingan. Bisa dipastikan, Serdadu Tridatu bakal mengandalkan ketajaman Platje untuk meraih gelar Liga 1 2019.

 

4 of 4

Komposisi Skuat

Striker Bali United, Ilija Spasojevic, tersenyum saat melawan Mitra Kukar pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bali United menang 3-0 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kiper: Rakasurya Handika, Wawan Hendrawan, Samuel Reimas, Diky Indrayana

Belakang: Gusti Sandria, Dallen Doke, Gunawan Dwi Cahyo, Dias Angga Saputra, Ricky Fajrin, Agus Nova Wiantara, Leonard Tupamahu, I Made Andika Wijaya, Haudi Abdillah, Willian Pacheco, Michael Orah, Adi Parwa

Tengah: Ahmad Agung, Brwa Nouri, Muhammad Taufiq, Yabes Roni, Fadil Sausu, I Nyoman Sukarja, I Kadek Agung Widnyana, Sutanto Tan, Feby Eka Putra, Ahmad Maulana Putra, Mitfahul Hamdi, Paulo Sergio, Stefano Lilipaly, Arapenra Poerba, Fahmi Al-Ayubbi

Depan: Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Irfan Bachdim, Hanis Saghara Putra, Martinus Novianto

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓