Tottenham Ukir Sejarah, Inggris Kalahkan Rekor Spanyol

Oleh Thomas pada 09 Mei 2019, 07:30 WIB
Diperbarui 09 Mei 2019, 07:30 WIB
Tottenham Hotspur ke Final Liga Champions
Perbesar
Selebrasi gol penentu Lucas Moura pada leg kedua semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Kamis (9/5). Spurs menang 3-2 atas Ajax. (AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Jakarta Tottenham Hotspur secara mengejutkan berhasil lolos ke final Liga Champions 2018-2019. Tottenham akan berhadapan dengan sesama klub Inggris Liverpool pada laga puncak di Stadion Wanda Metropolitano.

Pasukan Mauricio Pochettino lolos ke final secara dramatis dengan mendepak Ajax Amsterdam. Tottenham melaju berkat gol tandang. Pasalnya secara agregat kedua tim imbang 3-3. 

Lolosnya Tottenham sungguh luar biasa. Mereka nyaris saja tersingkir. Di leg pertama Tottenham kalah 0-1 di kandang sendiri. Pada leg kedua, Ajax unggul 2-0 lebih dulu di babak pertama.

Tottenham bisa membalikkan keadaan setelah winger Lucas Moura mencetak hat-trick di babak kedua. Moura pada laga ini ditempatkan Pochettino sebagai penyerang.

Bagi Tottenham, ini merupakan kali pertama mereka lolos ke final Liga Champions sepanjang sejarah. Total sudah ada lima klub berbeda yang berhasil tembus ke partai puncak Liga Champions.

 

2 dari 3 halaman

Lima Klub

Tottenham Hotspur ke Final Liga Champions
Perbesar
Perayaan gol yang memastikan kemenangan Spurs pada leg kedua semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Kamis (9/5). Spurs menang 3-2 atas Ajax. (AFP/Adrian Dennis)

Sebelumnya Inggris berbagi rekor dengan Spanyol yang sama-sama pernah mengirimkan empat klub berbeda di final Liga Champions.

Sebelum Tottenham, empat klub Inggris yang pernah berlaga di final adalah Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Manchester United. Sedangkan empat klub Spanyol yang lolos ke final adalah Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Valencia.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

 

 

Lanjutkan Membaca ↓