Hantam Barcelona 4-0, Liverpool ke Final Liga Champions

Oleh Yus Mei Sawitri pada 08 Mei 2019, 04:34 WIB
Diperbarui 10 Mei 2019, 04:13 WIB
Liverpool Vs Barcelona,

Jakarta - Liverpool mencetak keajaiban di Anfield. The Reds sukses melaju ke final Liga Champions usai tampil sensasional menghajar Barcelona 4-0 di laga kedua semifinal Liga Champions 2018/19, Selasa (7/5) atau Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. 

Kemenangan itu membuat Liverpool lolos dengan agregat 4-3. Seperti diketahui, Liverpool mengusung beban berat pada laga ini karena defisit tiga gol setelah takluk 0-3 dari Barcelona di Camp Nou, tengah pekan lalu.  

Menjelang laga ini, banyak orang memprediksi Liverpool menghadapi misi mustahil. Apalagi Barcelona punya senjata mematikan berupa Lionel Messi. Namun, Liverpool mampu menjawab keraguan dan membalikkan keadaan. 

Liverpool yang mengejar defisit tiga gol langsung menggebrak ke pertahanan Barcelona. Peluang pertama didapat saat pertandingan masih berjalan semenit. Namun, tendangan Xherdan Shaqiri masih melenceng.  

Setelah itu The Reds terus menekan. Gol yang ditunggu-tunggu publik Anfield akhirnya lahir pada menit ketujuh. Gol ini bermula ketika Jordi Alba salah mengontrol bola. Kesalahan itu dimanfaatkan Sadio Mane yang mengumpan ke Jordan Henderson di kotak penalti. 

Henderson menerima bola dengan mulus dan meneruskannya dengan tendangan ke gawang. Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen, berhasil menepis bola hasil sepakan Henderson. Namun, bola muntah berhasil disambar Divock Origi. 

Gol itu membuat Barcelona terlecut. El Blaugrana gantian menciptakan peluang antara lain dari Lionel Messi dan Philippe Coutinho. Namun, usaha keduanya belum berhasil menemui sasaran. 

Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Pada babak kedua, Liverpool langsung bermain penuh energi sejak awal. Mereka mendapat peluang pada menit ke-49 dan 50 melalui Sadio Mane dan Virgin van Dijk. Namun, usaha mereka masih belum menghasilkan gol tambahan. 

Upaya Liverpool membuahkan hasil pada menit ke-54 melalui pemain yang baru masuk di babak kedua, Georginio Wijnaldum. Alexander-Arnold menyisir dari sisi kanan, kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti. Bola dengan brilian disambar Wijnaldum yang sedang berhasil. Skor menjadi 2-0. 

 

2 of 3

Liverpool Makin Menggila

Dua menit berselang, Wijnaldum kembali menaklukkan kiper Andre Ter Stegen. Kali ini, Shaqiri melepaskan umpan silang dari kiri dan bola berhasil disundul Wijnaldum dengan sempurna. 

Dua bintang Barcelona, Luis Suarez dan Lionel Messi, hanya bisa tercengang melihat gawang mereka bobol dua kali hanya dalam menit. Liverpool berhasil melakukan comeback, skor menjadi 3-0.

Barcelona yang shock mencoba memburu gol balasan. Peluang datang pada menit ke-66 ketika Van Dijk melanggar Messi dan mendapat kartu kuning. Barca memperoleh tendangan bebas. Namun, sayang upaya Messi juga belum menghasilkan gol balasan.  

3 of 3

Kebobolan Lagi

Bukannya mendapat gol, Barcelona malah kembali kebobolan di menit ke-79. Gol ini berawal dari sepak pojok yang diambil Alexander Arnold. Dia dengan cepat mengambil tendangan pojok yang tepat ke arah Divock Origi yang berdiri bebas tanpa kawalan. 

Dia dengan cerdik menyontek bola ke pojok gawang Barcelona. Liverpool unggul 4-0, sekaligus unggul agregat 4-3 atas Barcelona. 

Skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir. Liverpool memastikan diri lolos ke final Liga Champions 2018-2019. Mereka akan menghadapi pemenang laga semifinal lainnya antara Tottenham Hotspur dan Ajax Amsterdam. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by