Gol Kompany ke Gawang Leicester Ciptakan 2 Rekor Baru

Oleh Hesti Puji Lestari pada 07 Mei 2019, 20:15 WIB
Vincent Kompany

Jakarta Manchester City berhasil meraih tiga poin atas Leicester City di Etihad Stadium, Selasa (7/5/2019) dini hari WIB. The Citizens menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol fantasis yang diciptakan Vincent Kompany.

Kompany sempat "diremehkan" ketika hendak mengeksekusi bola yang ia dapat. Namun, gol Kompany ke gawang Leicester ini ternyata menorehkan dua rekor baru.

Pertama, rekor yang bersifat personal buat Kompany. Gol tersebut merupakan gol pertama bek asal Belgia itu dari luar kotak penalti untuk Manchester City setelah 11 tahun bersama the Citizens.

Kedua, gol sang kapten ke gawang Leicester juga mengukir sejarah baru bagi penguasa Etihad Stadion ini. Gol kemenangan tersebut membuat Manchester City menorehkan 13 kali kemenangan secara beruntun keempat kalinya dalam Premier League.

Berkat gol Kompany, Manchester City kembali memuncaki klasemen sementara Primer League dengan poin 95, berselisih satu poin dengan Liverpool yang ada di peringkat kedua (94).

Dilansir dari BBC, Pep Guardiola mengaku ia sempat melarang Kompany menendang bola sebab ketika itu posisi sang kapten masih berada di luar kotak penalti. Namun, dengan segenap hati, umpan Aymeric Laporte ditendang dengan keras ke sudut gawang Leicester dan tak mampu dijangkau kiper Kasper Schmeicel.

Gelandang asal Belgia ini memang sempat mendengar Guardiola dan beberapa pemain berteriak agar dia mengurungkan niatnya untuk menendang. Ia makin geram karena sadar ada pemain muda yang ikut meneriakinya dan hal itu justru menjadi motivasi tersendiri untuk menciptakan poin dari kesempatan yang ada.

"Saya bisa mendengar orang mengatakan 'jangan menembak, jangan menembak! Tapi, saya belum sejauh ini dalam karier saya untuk meminta pemain muda memberi tahu saya kapan harus menembak," kata Kompany seperti dikutip dari BBC.

Sumber: BBC, Opta