Sukses

Prediksi Liverpool vs Barcelona: Laga Berat di Anfield

Liverpool harus menang 4-0 atas Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions untuk melangkah ke final.

Liputan6.com, Barcelona - Liverpool akan melakoni misi mustahil saat menjamu Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions 2018-2019 di Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. Laga ini sangat berat bagi Liverpool karena defisit tiga gol dan tanpa modal gol tandang.

Pada leg pertama di Camp Nou tengah pekan lalu, Liverpool menyerah tiga gol tanpa balas. Luis Suarez mencetak gol pembuka ke gawang mantan klubnya, dan tak segan merayakannya. Sementara itu, Lionel Messi tampil brilian dan memborong dua. Yang kedua, yang berupa gol tendangan bebas spektakuler dari jarak jauh, adalah golnya yang ke-600 dengan seragam Barcelona.

Liverpool sejatinya bermain bagus, bahkan menciptakan beberapa kesempatan. Namun peluang-peluang James Milner, Roberto Firmino dan Mohamed Salah semua gagal terkonversi menjadi gol untuk timnya.

Apakah finalis musim lalu itu hanya sedang sial, atau level mereka memang berada di bawah Barcelona? Kalau kata Massimiliano Allegri, penyebabnya adalah yang kedua.

Jika benar demikian, berarti Barcelona layak difavoritkan ke final. Pasalnya, perbedaan level bukanlah sesuatu yang bisa diatasi cuma lewat satu pertandingan atau hanya dalam kurun waktu satu pekan.

Sebelum leg pertama, Liverpool optimistis bisa meraih hasil positif di kandang Barcelona. Keberadaan bek tangguh Virgil van Dijk serta trio penyerang Mane-Firmino-Salah, meski Firmino baru main di babak kedua, dinilai bisa menjadi senjata Liverpool untuk melukai Barcelona. Namun, yang terjadi adalah kemenangan tiga gol tanpa balas bagi Barcelona.

Untuk duel penentuan nanti, Liverpool tetap optimistis mampu membalikkan keadaaan. Tuah Anfield adalah salah satu hal yang menjadi dasarnya.

Namun Liverpool pasti sadar kalau tugas mereka sangat berat. Kalah di Camp Nou, berarti mereka harus main menyerang dan sebisa mungkin menghindarkan gawangnya dari kebobolan. Melawan Messi dan Suarez, itu bukan perkara mudah. Lawan Newcastle saja mereka kemasukan dua.

Liverpool juga terancam kembali tak bisa menurunkan tim terkuatnya. Salah menjadi 'tumbal' kemenangan atas Newcastle akhir pekan kemarin, dan kondisinya sekarang berada dalam tanda tanya besar. Firmino juga masih cukup meragukan. Naby Keita pun absen setelah tumbang di leg pertama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipermalukan Celta Vigo

Barcelona sudah sangat siap untuk laga ini, dan itu terlihat dari bagaimana mereka melepas laga kontra Celta Vigo di La Liga. Pilar-pilar pentingnya diistirahatkan. Meski Ousmane Dembele kembali dihantan cedera, itu sepertinya bukan masalah besar buat Barcelona.

Di Anfield, satu gol saja akan membuat posisi Barcelona semakin aman. Itulah yang akan coba mereka kejar.

Musim lalu, Barcelona disungkurkan AS Roma lewat gol tandang di perempat final meski menang cukup telak di Camp Nou pada leg pertama. Barcelona pasti takkan lupa, dan itu mereka jadikan pelajaran berharga.

Kegagalan Liverpool mencuri setidaknya satu gol tandang dari Camp Nou mungkin memang pertanda kalau Barcelona yang bakal lolos ke final.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain dan Statistik

Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Mane, Firmino, Shaqiri

Pelatih: Jurgen Klopp

Barcelona (4-4-2): Ter Stegen; Alba, Lenglet, Pique, Roberto; Coutinho, Busquets, Rakitic, Vidal; Messi, Suarez

Pelatih: Ernesto Valverde

Sembilan Pertemuan Terakhir

02-05-2019 Barcelona 3-0 Liverpool (UCL)

07-03-2007 Liverpool 0-1 Barcelona (UCL)

22-02-2007 Barcelona 1-2 Liverpool (UCL)

14-03-2002 Barcelona 0-0 Liverpool (UCL)

21-11-2001 Liverpool 1-3 Barcelona (UCL)

19-04-2001 Liverpool 1-0 Barcelona (UEFA Cup)

05-04-2001 Barcelona 0-0 Liverpool (UEFA Cup)

14-04-1976 Liverpool 1-1 Barcelona (UEFA Cup)

30-03-1976 Barcelona 0-1 Liverpool (UEFA Cup)

Sumber: Bola.net

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini