2 Pemain Muda Indonesia Resmi Bergabung dengan Klub Liga Spanyol

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 06 Mei 2019, 16:00 WIB
Helmy Putra Damanik dan Muhammad Reza Kusuma

Liputan6.com, Jakarta - Dua pemain Indonesia, Helmy Putra Damanik dan Muhammad Reza Kusuma resmi bergabung dengan tim Divisi 4 B Liga Spanyol, Cristo B. Mereka diresmikan pada Jumat (3/5/2019).

Helmy dan Reza di musim kemarin sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan bermain di Divisi Honor, kasta tertinggi untuk usia 19 tahun di Liga Spanyol musim lalu.

Bahkan, mereka berhasil mengemas gol dalam pertandingan-pertandingan penting. Ketika melawan Rayo Vallecano, klub besar yang juga ada di Segunda B dan berasal dari Kota Madrid, Reza berhasil membuahkan gol dan memenangkan pertandingan.

Demikian juga Helmy yang bisa membuat gol ketika melawan Santa Marta, klub yang berlokasi di sekitar Madrid. Mereka bisa bermain di Eropa melalui program Vamos Indonesia.

Fanny Riawan selaku Founder Vamos Indonesia menyatakan, dirinya bangga memiliki Helmy dan Reza. Terlebih keduanya bermain untuk tim di Liga Spanyol.

"Kedua anak tersebut sekali lagi membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing di level internasional. Jika kesempatan itu diberikan dan ada kemauan serta persiapan yang sangat bagus," katanya, dalam rilis yang diterima Bola Nusantara.

Selama ini, Helmy dan Reza difasilitasi oleh senior Juan Chopper Carlos sebagai pemilik academy dan juga pemilik Palencia Junior College, yaitu suatu sekolah yang mempersiapkan anak-anak asing untuk bisa beraklamatisasi dan beradaptasi dengan iklim, budaya dan Bahasa Spanyol.

 

2 of 2

Main di Liga Divisi Tercera B

Di musim selanjutnya yang akan dimulai Agustus mendatang, Helmy dan Reza akan bermain di Liga Divisi Tercera B atau bisa dikenal sebagai Divisi 4 B.

"Ini jadi satu entry point untuk mereka berdua, karena mereka harus bisa membuktikan. Mereka layak untuk bisa bersaing dan berkompetisi agar bisa segera masuk ke divisi 4 sesungguhnya," ujar Fanny.

Sementara Project Director Vamos Indonesia, Merdi Sofansyah, berharap, Helmy dan Reza bisa berkembang baik di Spanyol. Merdi optimistis keduanya bisa menjadi masa depan sepak bola Indonesia.

"Kita berharap kedua anak tersebut bisa menunjukkan sepak terjangnya lagi, track record yang terbaiknya lagi seperti saat mereka sudah behasil menunjukkannya di Division Honor."

"Tentunya, ini menjadi catatan penting bagi program Vamos Indonesia, bahwa anak Indonesia itu sanggup dan mampu jika diberikan kesempatan dan diberikan persiapan yang bagus baik termasuk makanan yang bagus, nutrisi, cara hidup dan cara berpikir serta intelejensia bermain di sepak bola modern," katanya.

 

Lanjutkan Membaca ↓