Bakal Tampil di Liga 1 2019, Rene Alberts Singgung Mental Persib

Oleh Edu Krisnadefa pada 06 Mei 2019, 14:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2019, 14:30 WIB
Gelandang Persib Bandung, Febri Hariyadi, mengontrol bola saat melawan TIRA Persikabo pada laga Piala Presiden 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung gagal melangkah ke semifinal Piala Indonesia. Mereka tersingkir dari perempat final lantaran kalah gol tandang dari Borneo FC.

Padahal, di laga kedua, Sabtu (4/5), Persib menang 3-2. Namun, lantaran di laga pertama mereka kalah 1-2, Borneo FC pun lolos dengan keunggulan gol tandang.

Kini, mereka pun fokus untuk tampil di Liga 1 2019. Bersama pelatih baru, Robert Rene Alberts, Persib siap kembali bersaing jadi yang terbaik.

Namun, tentu saja Alberts akan menggelar evaluasi sebelum memimpin pasukannya di Liga 1 2019. Yang paling jelas, kata Alberts adalah soal mental pemain yang harus dibenahi.

Di laga lawa Borneo FC, kata Albets, saat lawan menyamakan kedudukan 1-1, terlihat sekali mental para pemain Persib langsung drop.

Namun, Alberts memahami kondisi ini. "Kita banyak pemain muda di tim ini dan kita harus melakukan persiapan dan perbaikan," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Lepas dari Tekanan

Rene Alberts
Robert Rene Alberts sempat diminati beberapa klub sebelum memutuskan melatih Persib Bandung. (Huyogo Simbolon)

Yang dia inginkan adalah para pemain selalu bisa tampil lepas, tanpa tekanan, dalam kondisi apa pun. Baik ketika unggul, atau saat disamakan, bahkan tertinggal.

Sebab, secara permainan, menurut Alberts, Persib sudah bagus. TInggal bagaimana menjaga mereka bisa tetap tampil bagus tengah berada dalam tekanan lawan. "Ini sangat penting untuk melihat ketika pemain dalam tekanan," Alberts menegaskan.

3 dari 3 halaman

Tunggu Pemain Asing Baru

Persib sendiri, saat ini masih menunggu satu pemain asing baru mereka. Kabarnya, sosok yang ditunggu itu adalah Rene Mihelic, gelandang asal Slovenia.

Dia diplot sebagai pengganti Srdjan Lopicic yang baru dilepas. "Tapi saya belum tahu bagaimana kualitasnya. Tapi kita akan lihat nanti bagaimana kemampuannya," ujar Alberts.

Saat ini, Maung Bandung sudah memiliki tiga pemain asing: Ezechiel N'Douasel, Arthur Gevorkyan, serta Bojan Malisic.

 

Lanjutkan Membaca ↓