3 Statistik Bukti Penurunan Kinerja Kiper MU

Oleh Harley.Ikhsan pada 05 Mei 2019, 19:00 WIB
David de Gea

Liputan6.com, Manchester - Kiper Manchester United (MU) David de Gea mengalami penurunan drastis pada musim ini. Dia hanya membukukan tujuh clean sheet dari 36 pertandingan di Liga Inggris dan kebobolan 51 kali.

Catatan tersebut berbeda jauh dengan kinerjanya bersama MU di 2017/2018. De Gea tidak kebobolan di 18 laga dan cuma memungut bola 28 kali di dalam gawang.

Torehan tersebut membantunya memenangkan penghargaan Sarung Tangan Emas, mengungguli pesaing terdekat Ederson asal Manchester City.

Performa De Gea di bawah mistar saat ini pun menghadirkan dua kubu. Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer dan beberapa pemain menyatakan dukungan terhadap penjaga gawang asal Spanyol tersebut. Sementara sejumlah komentator menilai sudah waktunya De Gea dicadangkan.

"Solskjaer harus berani mengambil keputusan menyimpan De Gea," tegas eks striker Arsenal Ian Wright, yang kini bertugas bersama BBC.

Ucapan Wright bukan tanpa dasar. Berikut beberapa statistik yang menunjukkan keruntuhan De Gea di Liga Inggris musim ini:

2 of 3

Statistik De Gea

Manchester United Ditahan Imbang Chelsea di Old Trafford
Kiper Manchester United David de Gea (kanan ketiga) termenung setelah pemain Chelsea Marcos Alonso (paling kiri) mencetak gol ke gawangnya dalam lanjutan Liga Inggris 2018-2019 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (28/4/2019). Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. (Martin Rickett/PA via AP)

* Ada delapan kiper lain yang memiliki clean sheet lebih baik ketimbang De Gea. Salah satunya kiper Cardiff City Neil Etheridge.

* De Gea hanya membukukan dua clean sheet di kandang, terburuk di Liga Inggris musim ini.

* De Gea membuat tiga kesalahan yang berujung gol pada empat penampilan terakhir di seluruh kompetisi. Jumlah itu sama seperti kinerjanya pada 123 pertandingan sebelumnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓