Sukses

3 Statistik Bukti Penurunan Kinerja Kiper MU

Posisi David de Gea sebagai penjaga gawang utama MU dalam tanda tanya. Berikut statistik yang menunjukkan penurunan kinerjanya.

Liputan6.com, Manchester - Kiper Manchester United (MU) David de Gea mengalami penurunan drastis pada musim ini. Dia hanya membukukan tujuh clean sheet dari 36 pertandingan di Liga Inggris dan kebobolan 51 kali.

Catatan tersebut berbeda jauh dengan kinerjanya bersama MU di 2017/2018. De Gea tidak kebobolan di 18 laga dan cuma memungut bola 28 kali di dalam gawang.

Torehan tersebut membantunya memenangkan penghargaan Sarung Tangan Emas, mengungguli pesaing terdekat Ederson asal Manchester City.

Performa De Gea di bawah mistar saat ini pun menghadirkan dua kubu. Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer dan beberapa pemain menyatakan dukungan terhadap penjaga gawang asal Spanyol tersebut. Sementara sejumlah komentator menilai sudah waktunya De Gea dicadangkan.

"Solskjaer harus berani mengambil keputusan menyimpan De Gea," tegas eks striker Arsenal Ian Wright, yang kini bertugas bersama BBC.

Ucapan Wright bukan tanpa dasar. Berikut beberapa statistik yang menunjukkan keruntuhan De Gea di Liga Inggris musim ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Statistik De Gea

* Ada delapan kiper lain yang memiliki clean sheet lebih baik ketimbang De Gea. Salah satunya kiper Cardiff City Neil Etheridge.

* De Gea hanya membukukan dua clean sheet di kandang, terburuk di Liga Inggris musim ini.

* De Gea membuat tiga kesalahan yang berujung gol pada empat penampilan terakhir di seluruh kompetisi. Jumlah itu sama seperti kinerjanya pada 123 pertandingan sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.
    David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.

    David De Gea