Tim Satelit Raih Pole MotoGP Jerez, Rossi: Mereka Lebih Baik

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 05 Mei 2019, 13:35 WIB
Petronas Yamaha SRT

Liputan6.com, Jerez - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi harus mengawali balapan MotoGP Jerez, Minggu (5/5/2019), dari urutan ke-13. Dia malah dibuat malu oleh tim satelit, Petronas Yamaha SRT.

Dua rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli akan mengawali balapan dari posisi terdepan. Saat sesi kualifikasi, Sabtu (4/5/2019), Quartararo merebut pole positition pertama sepanjang kariernya di MotoGP dengan membukukan waktu satu menit 36,880 detik.

Morbidelli menyusul dan hanya tertinggal 0,082 detik. Kedua pembalap satelit itu berada di depan juara bertahan MotoGP Marc Marquez, yang berkuasa pada 13 menit awal Q2.

Kehebatan Quartararo dan Morbidelli pun diakui Rossi. Bahkan, dia menyebut motor YZR-M1 yang digeber Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli sangat mirip dengan tunggangan Valentino Rossi-Maverick Vinales.

"Mungkin mereka lebih baik dari saya. Mereka lebih cepat dari saya. Mereka berkendara dengan cara lebih baik. Mereka lebih menyukai Jerez," ucap rider MotoGP berusia 40 tahun tersebut, dikutip dari Motor Sports.

 

 

2 of 3

Petronas Yamaha SRT Pintar

Valentino Rossi
Valentino Rossi. (Mohd.Rasfan/AFP)

Lebih lanjut, Rossi mengatakan, Petronas Yamaha SRT sangat cerdas sekaligus pintar memodifikasi YZR-M1 tahun lalu. Padahal, Rossi dan Vinales mendapat motor dengan spesifikasi terbaru.

"Dari apa yang saya ketahui, motor Quartararo sangat mirip dengan tim pabrikan. Tidak seperti milik Johann Zarco (pada MotoGP 2018)," kata Rossi.

"Keempat motor (Yamaha) sangat mirip. Saya tahu motor Franco sedikit lebih pabrikan, karena dia memiliki beberapa komponen. Namun untuk Quartararo, mesin, sasis dan semuanya sama seperti tahun lalu," ujar pria asal Italia itu. 

3 of 3

Jadwal Balapan

Minggu 5 Mei

MotoGP Jerez

Venue: Sirkuit Jerez

Balapan: 19:00 WIB

Live di Trans 7

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓