Tatap MotoGP Spanyol, Marquez Perhitungkan Potensi Lorenzo Bangkit

Oleh Yus Mei Sawitri pada 04 Mei 2019, 14:10 WIB
Diperbarui 04 Mei 2019, 14:10 WIB
Marc Marquez
Perbesar
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (AFP/Martin Bureau)

Jakarta Marc Marquez punya kebiasaan mengamati dan mengikuti dengan seksama pembalap yang berpotensi menjadi ancaman baginya pada sesi latihan bebas. Pada latihan bebas hari pertama di MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (3/5/2019), Marquez terlihat mengamati dengan serius pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan rekan setimnya di Repsol Honda, Jorge Lorenzo. 

Artinya, Marquez mulai menganggap Lorenzo sebagai salah satu ancaman di MotoGP musim ini. X-Fuera, julukan Lorenzo, menunjukkan layak diawaspadai menjelang balapan MotoGP Spanyol Jerez. 

Lorenzo di luar dugaan menempati posisi kedua pada latihan bebas pertama (FP1). Pada FP2, dia melorot ke posisi kesembilan, tapi tetap menunjukkan ancaman.  

Hingga balapan ketiga MotoGP 2019, Lorenzo belum menunjukkan tajinya, bahkan masih terseok-seok. Tapi, mantan pembalap Yamaha tersebut punya rekor cukup apik di Jerez dan sedang diselimuti semangat tinggi. 

"Saya mengikuti Jorge (saat latihan bebas kedua) karena pagi ini dia cepat dan saya berusaha memahaminya. Saya melihat beberapa titik kekuatan dari gaya membalapnya, serta beberapa titik kelemahan," ujar Marquez, seperti dilansir Crash.

2 dari 2 halaman

Titik Kuat

Jorge Lorenzo
Perbesar
Rider Repsol Honda Team, Jorge Lorenzo, masih belum menemukan performa terbaiknya di MotoGP 2019. (Twitter/Repsol Honda Team).

"Titik lemahnya tidak akan saya katakan. Yang jelas, titik kuatnya dia bisa menikung dengan sangat cepat. Saat di Ducati dia sangat cepat di sini. Bahkan bersama Honda dia mampu menikung dengan sangat-sangat cepat. Itu positif," imbuh Marquez. 

Marc Marquez memang wajib waspada. Jorge Lorenzo diprediksi punya motivasi tinggi untuk mulai bangkit di tim barunya. MotoGP Jerez akan menjadi venue yang sempurna karena Lorenzo tampil di hadapan publiknya sendiri. 

Lanjutkan Membaca ↓