Valverde Dukung Xavi Jadi Pelatih Masa Depan Barcelona

Oleh Liputan6.com pada 04 Mei 2019, 11:20 WIB
Diperbarui 05 Mei 2019, 13:14 WIB
img_xavi-4.jpg

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde percaya bahwa Xavi memiliki kemampuan untuk menangani skuat Blaugrana di masa yang akan datang.

Xavi yang merupakan legenda Barcelona baru saja mengumumkan rencananya untuk gantung sepatu alias pensiun sebagai pemain pada akhir musim nanti.

Gelandang flamboyan yang kini memperkuat klub Qatar, Al Sadd itu juga mengungkapkan ambisinya untuk menjadi pelatih usai pensiun nanti.

Berbicara dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan Celta Vigo akhir pekan ini, Valverde pun mengutarakan keyakinan dirinya bahwa Xavi akan menjadi entrenador Barcelona di masa depan.

"Saya tak tahu apakah dia adalah pemain terbaik, tapi dia salah satu yang terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola," ujar Valverde, seperti dikutip Marca.

"Saya rasa semua orang berharap Xavi akan menjadi pelatih dan dia memiliki profil untuk menjadi pelatih di Barcelona atau di tim mana pun," imbuhnya.

2 of 3

Filosofi Johan Cruyff

Ernesto Valverde
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mendung Xavi Hernandez meniti karier sebagai pelatih. (AFP/Marco Bertorello)

Xavi tampaknya memang bakal sangat cocok untuk melatih Barca. Pasalnya, sosok 39 tahun itu menyebut dirinya akan menggunakan filosofi Johan Cruyff dan La Masia ketika nantinya menjadi pelatih.

"Filosofi saya sebagai pelatih mencerminkan gaya yang kami kembangkan selama bertahun- tahun di bawah pengaruh Johan Cruyff dan dari La Masia dan contoh utamanya adalah dalam cara main Barcelona," tutur Xavi.

3 of 3

Ambil Inisiatif

"Saya suka melihat tim yang mengambil inisiatif di lapangan, sepakbola menyerang, dan kembali ke tempat yang kita semua cintai sejak masih muda: sepakbola penguasaan bola," tukasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓