34 Klub Eropa Ini Pernah Merasakan Pahitnya Gawang Mereka Dibobol Lionel Messi

Oleh Nurfahmi Budi pada 04 Mei 2019, 08:45 WIB
Dua Gol Lionel Messi Antar Barcelona Taklukan Liverpool

Jakarta - Lionel Messisukses membukukan dua gol ke gawang Liverpool di laga pertama Semifinal Liga Champions 2018-2019, di Estadio Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. Dua gol Messi ini membuat Barcelona unggul 3-0, setelah ditambah gol Luis Suarez.

Sepasang gol tersebut membuat Lionel Messi mencetak beragam catatan menarik. Satu yang pasti, Sang Messiah sudah mengoleksi 600 gol sepanjang berkostum Barcelona. Status Lionel Messi sebagai top skorer sepanjang masa Barcelona bakal berlangsung lama, karena ia masih bisa menambah rekening gol.

Dua gol ke gawang Liverpool juga membuat Lionel Messi menambah tradisi lain, yakni kegemaran merobek jala klub-klub asal Inggris. Secara total, Lionel Messi sudah mencetak 115 gol dalam 11.379 menit pada pertandingan di level Eropa. Artinya, Messi mencetak satu gol setiap 99 menit!

Catatan tersebut menjadikan Lionel Messi sosok istimewa. Kini, fakta bersejarah mencatat, Lionel Messi sudah bertemu dengan 39 tim berbeda di Eropa, dan para musuh Messi berasal dari 16 negara.

Hebatnya, Lionel Messi mampu merobek 34 jala gawang musuh. Hanya ada lima tim yang selamat dari ketajaman Messi, yakni Atlético Madrid, Benfica, Inter Milan, Rubin Kazan dan Udinese.

Sementara itu, kiper Inter Milan, Julio Cesar menjadi penjaga gawang yang paling lebar rentang kebobolannya, yakni 270 menit. Sebenarnya, Cesar masih kalah dari kiper Rubin Kazan, Sergei Ryzhikov, yakni 237 menit.

Namun, Sergei Ryzhikov melakoni empat pertandingan, sementara Cesar hanya tiga laga. Dalam urusan terbanyak kebobolan, Arsenal menjadi lumbung gol bagi Lionel Messi. Klub asal London tersebut kebobolan 9 gol dari 6 pertemuan.

 

2 of 2

AC Milan dan Arsenal

AC Milan berada di posisi kedua terbanyak kebobolan. Lionel Messi menjebol gawang I Rossoneri sebanyak 8 kali dari 8 pertemuan. Korban yang senasib dengan AC Milan adalah Celtic, namun dari 6 pertandingan.

Selain dua klub tersebut, Lionel Messi melesakkan gol ke 31 klub lain, seperti APOEL (3 gol), Ajax (6), Basel (2), BATE (2), Bayern Munchen (4), Werder Bremen (1), Chelsea (3), Dynamo Kyiv (2), Juventus (2), København (3), Bayer Leverkusen (7), Liverpool (2), Lyon (5), Manchester City (6), Manchester United (4), Mönchengladbach (1), Olympiakos (1), Panathinaikos (4) dan PSG (4).

Selain itu masih ada lagi, yakni Viktoria Plzen (3 gol), Porto (1), PSV (4), Rangers (1), Real Madrid (2), AS Roma (2), Sevilla (2), Shakhtar (3), Spartak Moskva (4), Sporting CP (1), Stuttgart (3) dan Tottenham Hotspur (2). Daftar nama-nam tersebut masih bisa bertambah, apalagi rentang karier Lionel Messi yang diprediksi masih panjang.

Sumber: UEFA

Lanjutkan Membaca ↓
Selebgram Cantik yang Rajin Berolahraga