Sukses

5 Hal Menarik MotoGP Jerez: Catatan Buruk dan Rekor Dovizioso

Dovizioso akan mencatatkan rekor pribadi saat balapan di MotoGP Jerez, tapi dia juga punya catatan buruk di balapan seri pertama Eropa ini.

Liputan6.com, Jerez - Seri keempat MotoGP 2019 bakal berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (5/5). Dalam balapan kali ini, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso merupakan pemimpin klasemen dengan raihan 54 poin.

Dovizioso bisa memuncaki klasemen MotoGP setelah hasil buruk yang didapat Marc Marquez dalam balapan sebelumnya. Rider Repsol Honda Team itu terjatuh di Austin.

Posisi kedua, dalam klasemen MotoGP, merupakan tempat Valentino Rossi, yang hanya tertinggal tiga angka dari Dovizioso. Sementara Marquez sendiri tertinggal sembilan poin dari Dovizioso.

Marquez sudah gatal untuk kembali ke lintasan. Baby Alien, julukan Marquez, mengisyaratkan tak sabar lagi ingin menebus kegagalan di Austin pada balapan MotoGP Jerez.

"Jerez selalu menjadi balapan istimewa karena menjadi pembuka seri Eropa. Selain itu banyak dukungan dari fans Spanyol," kata Marc Marquez.

Sebelum balapan, ada lima hal menarik dari MotoGP Jerez. Simak di halaman berikutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rekor Pribadi Dovizioso

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso saat balapan di Jerez akan membuat catatan penampilan ke-200 di pentas MotoGP. Memulai balapan sejak 2008, dia telah naik podium sebanyak 53 kali.

Dovizioso dari 199 balapan yang sudah dijalaninya, mencatatkan 13 kemenangan. Pembalap berusia 33 tahun itu meraih pole position sebanyak tujuh kali.

Dia telah meraih 2.193 poin. Prestasi terbaiknya terjadi pada 2018. Musim lalu, dia finis di posisi kedua dengan mengemas 245 poin.

 

3 dari 6 halaman

Catatan Buruk Dovizioso

Kendati memuncaki klasemen MotoGP dan bakal membuat rekor pribadi, Andrea Dovizioso rupanya punya catatan buruk di Sirkuit Jerez. Dalam 11 penampilannya di MotoGP Jerez, Dovizioso selalu gagal naik podium. Hasil terbaiknya adalah finis kelima.

Sejak gabung Ducati, pebalap asal Italia ini sudah enam kali balapan di Jerez. Hasilnya adalah dua kali finis kelima, masing-masing sekali finis di posisi delapan dan sembilan, serta dua kali gagal finis.

Musim lalu sebenarnya Dovizioso punya kesempatan bagus menyudahi catatan buruknya. Namun, dia gagal menyelesaikan balapan usai mengalami kecelakaan dengan Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa dalam perebutan posisi dua.

4 dari 6 halaman

Raja MotoGP Jerez

Valentino Rossi masih menjadi raja MotoGP Jerez. Tercatat, dia telah memenangkan balapan di Sirkuit Jerez sebanyak tujuh kali. Belum ada pembalap lain yang mampu menyamainya.

Dua rider Repsol Honda Team saat ini, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo masih tertinggal jauh dari Rossi. Marquez baru memenangkannya sebanyak dua kali, sedangkan Lorenzo tiga kali menjadi raja MotoGP Jerez.

Rossi terakhir kali memenangkan MotoGP Jerez pada 2016. Ketika itu dia unggul dari Lorenzo (2,386 detik) dan Marquez (7,087 detik).

 

5 dari 6 halaman

Peluang Marquez Samai Rossi

Marc Marquez berpeluang menyamai rekor pole position milik Valentino Rossi di ajang MotoGP.

Saat ini, The Doctor menempati posisi kedua pembalap dengan raihan pole terbanyak di MotoGP, yaitu 55 kali. Peringkat pertama ditempati Mick Doohan dengan torehan 58 pole.

Marquez kini menempati ranking ketiga pada kategori tersebut. Baby Alien sudah 54 kali mengukir pole, kali terakhir diraih pada MotoGP Austin, dua pekan lalu.

 

6 dari 6 halaman

Pole Position

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo merupakan pembalap yang paling banyak meraih pole position. Keduanya sudah lima kali merebut pole di MotoGP Jerez.

Sementara mantan rider Repsol Honda Team, Dani Pedrosa mencatatkan tiga pole position di Jerez. Sayangnya, dia sudah tidak bisa meneruskan catatan tersebut karena telah memutuskan pensiun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.